Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 1 Siantar

Authors

  • Santy Monica Purba Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Masni Veronika Situmorang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Gunaria Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.314

Keywords:

Hasil belajar, Treffinger dengan media animasi

Abstract

Abstrak: Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 1 Siantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Treffinger dengan media animasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Analisis data tes untuk melihat pengaruh model pembelajaran treffinger dengan media animasi dilakukan dengan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu nilai sig 2 tailed sebesar 0,002 < 0,05, hal itu menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger dengan media animasi terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Treffinger dengan media animasi

References

Abdussalam, A. (2005). Mengembangkan Kreativitas Anak Mengembangkan Kreativitas Anak. Pustaka Al-Kautsar.

Arifin, J. (2017). SPSS untuk Penelitian dan Skripsi. Kelompok Gramedia.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Furoidah. (2009). Animasi Sebagai Media Pembelajaran. Mentari Pustaka.

Hayati. (2014). Penerapan Model Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTSN Hidayatul Umum Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Maharani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemamapuan Berpikir Kreatif. Jurnal Penelitian Pendidkan Guru Sekolah Dasar, 06(04), 506–515.

Malini I, Lestariningsih N, N. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Media Gambar terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Noviyanto T S H, Juanengsih N, E. S. R. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS, 07(01), 57–63.

Simangunsong P G, Lbn. Gaol A Y D, S. M. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Ekologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 06(04).

Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Pt Remaja Rosdakarya, Cet.6.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Alfabeta.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.

Syukriah , Mustafa Sabri, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sistem Peredaran Darah Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. JESBIO, 03(04).

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Purba, S. M., Situmorang, M. V., & Siagian, G. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Dengan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI SMA Negeri 1 Siantar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 15–22. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.314

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.