PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GOKANA RAMEN & TEPPAN

Authors

  • Martani Universitas Gunadarma
  • Budi Utami Universitas Gunadarma
  • Tasya Assiva Fauziah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.413

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya penting untuk diperhatikan orientasi pada konsumen, yaitu menyangkut banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan dan harapan mengenai produk apa yang akan dibeli oleh konsumen, yaitu dimana mereka membelinya, dan dengan harga berapa produk tersebut dibeli serta apa yang harus dilakukan perusahaan untuk dapat menemukan konsumennya dan untuk meyakinkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh kualitas produk, citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Gokana Ramen & Teppan di Cibinong City Mall. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi adalah konsumen yang berdomisili di Kabupaten Bogor dan telah melakukan pembelian Gokana Ramen & Teppan di Cibinong City Mall. Pengambilan sampel menggunakan non probability sampling teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner online yang melalui Google Form yang di sebarkan menggunakan media sosial seperti whatsapp, instagram, twitter dan lain-lain. Tahap analisis uji data adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas dan uji koefisien determinasi. Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 2022 Versi 24. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Gokana Ramen & Teppan serta citra merek berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian Gokana Ramen & Teppan. Secara simultan kualitas produk, citra merek, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Gokana Ramen & Teppan. Nilai koefisien determinasi yang didapatkan dalam penelitian ini sebesar 41,2%, sedangkan sisanya 58,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

P. Kotler & G. Amstrong. Manajemen Pemasaran Edisi ke Sembilan. Jakarta: Erlangga. 2016.

S. Assauri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Bandung. 2017.

P. Kotler & K. Keller. Dasar-dasar Pemasaran Edisi 12, Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks. 2016.

M. Sangadji. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 2013.

P. Kotler & G. Amstrong. Principles of Marketing. Halow: Pearson Education Limited. 2018.

F. Tjiptono. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta. 2016.

F. Tjiptono & G. Chandra. Pemasaran Strategik Edisi Kedua. Yogyakarta. Andi Yogyakarta. 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidilan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2017.

N. S. Dewi & R. E. Prabowo. Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang. Universitas Stikubank, Semarang, 2018.

I. Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro. 2016.

A. R. Anggraeni & E. Soliha. “Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang)” Jurnal Unida Gontor. Vol.6 No.3. 2020.

M. Aulia. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6, No.5. 2017.

S. Lemeshow. Applied Logistic Regression. New York: John Wiley dan Sons. 2021.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Martani, Utami, B. ., & Fauziah, T. A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GOKANA RAMEN & TEPPAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 65–74. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.413

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.