PERANAN ETIKA BISNIS DALAM MENGHADAPI GLOBAL WARMING DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Khristarini Mariana Universitas Katolik Widya Mandala

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.416

Keywords:

Risiko Bisnis, Etika Bisnis, Etika, Global Warming, Globalisasi, Era, Era Globalisasi, Dampak

Abstract

Tahun 2018, Indonesia di hadapkan dengan issue mengenai pelarangan import CPO oleh negara Uni eropa. Pelarangan ini terkait dengan deforetasi hutan sebagai salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Peran hutan berperan untuk menyimpan cadangan-cadangan karbon secara besar. Hutan juga mampu menyerap karbon dioksida berlebih yang ada di udara dan mengkonversinya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis yang dapat menyimpan karbon lebih dari dua ratus miliar ton. Sehingga deforestasi berpengaruh sangat besar terhadap perubahan iklim yang berkaitan dengan karbon-karbon yang ada di udara dan pada tanah gambut. Apabila lahan gambut kehilangan pohon di atasnya maka akan melepaskan karbon yang tersimpan ke udara. Di era globalisasi ini setiap perusahaan dapat memperbesar pangsa pasarnya sehingga produksi barang juga meningkat, hal ini menjadi salah satu sebab global warming yang terjadi saat ini. Di masa globalisasi ini di perlukan peranan etika bisnis sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang dapat memperparah global warming. Sustainability menjadi keinginan bagi pengusaha dalam mejalankan usahanya di era globalisasi. Perusahaan di hadapakan dengan etika bisnis dengan memikirkan mengenai lingkungan secara global. Makalah ini bertujuan untuk menilai penerapan etika Bisnis yang terkait erat dengan Globalisasi, bahwa setiap kegiatan bisnis harus melestarikan lingkungan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dengan menerapkan penilaian dampak lingkungan, karena undang-undang memerlukan penilaian dampak lingkungan (Environment Impact Assessment) dengan standar ISO14020 dan ISO14024. Penilaian menggunakan pendekatan kualitatif dan memeriksa penerapan Proses pengajuan ISO 14020 dan ISO14024.

References

Handoko, Forry. Green Industrial System (Pendekatan baru dalam meningkatkan daya saing), 2020

Radmiarti, Judiatin Kusumah, Green Product Segabai Penerapan Etika Bisnis Pada Perusahaan Produsen Cat, Jakarta, 2020

Suntornpithug, N., dan Indiana, S.K. 2017. Green Marketing: Millennials’ Perceptions Of Environmentally Friendly Consumer Packaged Goods Products. Proceedings Of Iserd International Conference, Taipei, Taiwan, 26th-27th June

Lin, C.Y., Ho,Y.H, (ʹͲͳͲ); ”Determinants of Green Practice Adoption for Logistics Companies in China”, Journal of Business Ethics, 98:67-85.

Sumarsid SE,MM dan Widi Winarso SE,MM ; Pengantar bisnis , 2020 :16

https://lindungihutan.com/blog/pengertian-deforestasi-penyebab-dan-dampak/

http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php

https://www.kemenperin.go.id/

Published

2023-01-12

How to Cite

Mariana, K. (2023). PERANAN ETIKA BISNIS DALAM MENGHADAPI GLOBAL WARMING DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 30–35. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.416

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.