PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP PURCHASE INTENTION MOBIL BEKAS DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Showroom Mobil Bekas di Kota Bekasi)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i05.951Keywords:
Perceived Quality, Perceived Price, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Purchase IntentionAbstract
Pada Covid-19 merupakan pandemic yang terjadi di seluruh dunia pada akhir bulan Desember tahun 2019 termasuk Indonesia. Pandemi ini berdampak pada seluruh aspek kehidupan di dunia, salah satu sector yang paling berdampak adalah sector ekonomi. Banyak pelaku usaha yang akhirnya mengalami penurunan pendapatan hingga kerugian yang cukup besar.Salah satu bisnis yang terdampak adalah jual beli mobil bekas.Penelitian ini tentang pengaruh perceived quality (x1), perceived price (x2), dan electronic word of mouth (x3) terhadap purchase intention (y) mobil bekas di showroom mobil bekas ABC di Kota Bekasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang dan dianalisis dengan Uji validitas, Uji reliabilitas, Regresi linier berganda, Uji t dan Uji F.Hasil Penelitian Menunjukan bahwa variable perceived quality, perceived price dan electronic word of mouth berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap purchase intention.Hasil Uji F menunjukan variable perceived quality, perceived price dan electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap purchase intention.Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variable electronic word of mouth dengan nilai signifikan 0.024.
References
Abalaesei, M., & Sandu, R. M. (2015). Electronic Word of Mouth: Factors That Influence Purchase Intention. Intercultural Communication and the Future of Education, 61-67.
Abzari, M., Reza, A. G., & Leila , N. V. (2014). Analysing The Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case ofIran Khodro Company. Journal of Social and Behavioral Sciences, 143(71), 822-826.
Citranuari, S. J. (2015). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 9-10.
Darmadi, D. (2017). Strategi Menaklukan Pasar: Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticore, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23
Hakim, L., Susanti, N., & -, U. (2017). Influence of Customer Relationship Management, Brand Equity, Perceived Product Quality, Perceived Price on Customer Value and Purchase Intention (Studies Philips Light Bulb in Batam). International Journal of Economics and Finance, 9(7), 122. https://doi.org/10.5539/ijef.v9n7p122
Keller, K. d. (2015). Manajemen Pemasaran Jilid I, Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Setiawan, R., & Achyar, A. (2013). Effects of Perceived Trust and Perceived Price on Customers’ Intention to Buy in Online Store in Indonesia. ASEAN Marketing Journal, 4(1), 26–36. https://doi.org/10.21002/amj.v4i1.2029