ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS PADA PRODUK SKINCARE

Authors

  • Julius Nursyamsi Universitas Gunadarma
  • Edi Sukirman Universitas Gunadarma
  • Haryono Haryono Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.615

Keywords:

Harga, Promosi, Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Berkembangnya pasar kosmetik di Indonesia sangat pesat ini meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kaum wanita menjadikan skincare sebagai kebutuhan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Banyaknya persaingan dan produk kosmetik bervariatif, saat ini terdapat beberapa merek lokal baru muncul namun cukup laris dipasaran dan mampu untuk bersaing dengan kompotitor lainnya, salah satunya adalah merek MSGLOW. Artikel ini bertujuan menganalisis faktor – faktor pembentuk loyalitas pada produk Skincare MSGLOW dengan pendekatan survai pada pelangan. Adapun kajian faktor pembentuk adalah Harga, Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data primer. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik survai dengan instrument kuesioner dan berdasarkan pengujian validitas dan reliabilitas mengahasilkan data valid terkumpul sebanyak 200 responden. Sampel diambil dari populasi konsumen pernah melakukan pembelian produk skincare MSGLOW dan populasi masyarakat bertempat tinggal di daerah JABODETABEK. Analisis ini menggunakan alat bantu pengujian yaitu SPSS versi 25. Metode analisis data digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (r2), uji f dan uji t. Hasil menunjukkan bahwa variabel Harga, Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Skincare MSGLOW. Faktor pembentuk tingkat loyalitas terhadap produk skincare (MSGLOW) di wilayah JABODETABEK dipengaruhi oleh faktor Promosi, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk, secara umum setiap faktor tersebut memberikan nilai pembentuk terhadap loyalitas dengan nilai relative sama, tidak ada yang mendominasi.

References

Armstrong, P. K. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 1 . Jakarta: Erlangga .

Armstrong, P. K. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jidil 1 Edisi ke duabelas . Yogyakarta.

Daniel I Nyoman Renatha Cardia, I. W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan . Jurnal Manajemen.

Defrisan F.G Chinna, A. S. (2022). Analisis Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Wardah Kosmetik di Kota Manado . Jurnal EMBA.

Dinda Mutiara Ayuni, Y. R. (2020 ). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Layanan Terhadap Guardian Healty & Beauty Retail . Jurnal Manajemen & Bisnis Mandiri .

Dr. M. Anang Firmansyah, S. M. (2019). Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media .

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Keller, P. K. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ke Tigabelas. Jakarta: Erlangga .

Keller, P. K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi keduabelas jilid 1&2. Jakarta : PT indeks .

Kevin Lane Keller, P. &. (2016). Dasar-dasar pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba.

Kotler, A. &. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Nganto, C. L. (2020 ). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis .

Puspita Ayu Prasyanti, N. R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalita Pelanggan . Jurnal Ilmu Manajemen.

Ramadhan, M. A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Transportasi Online GOJEK di Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen.

Riska Asnawi Nyonyie, J. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Warda di Transmart Bahu Manado . Jurnal Administrasi Bisnis.

Salman Farisi, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen.

Sangkay, R. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalits Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Grab Car (Studi Pada Pengguna Jasa Grab-Car di Kec. Wenang Manado . Jurnal EMBA .

Siregat, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif . Bandung: Alphabet .

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian . Yoyakarta: Andi Offset .

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi Keempat . Yogyakarta: Andi Offset

Tri Handayanti, Y. D. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Label Halal dan Iklan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbal Kosmetik Herbal Moreskin di Sragen . Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia.

Published

2023-05-16

How to Cite

Nursyamsi, J., Sukirman, E. ., & Haryono, H. (2023). ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS PADA PRODUK SKINCARE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(03), 21–25. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.615

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.