PENGARUH TERPAAN CHANEL YOUTUBE FITNESSFAQS DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS BARAMORA STREET WORKOUT
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.683Keywords:
Terpaan, Kredibilitas Sumber, Kebutuhan Informasi, Channel YouTube FitnessFAQsAbstract
Informasi merupakan suatu pengetahuan yang harus didapatkan oleh setiap individu. Salah satunya adalah informasi mengenai berolahraga. Banyak konten kreator khususnya di YouTube yang membahas tentang olahraga. Salah satu canel YouTube yang membahas tentang olahraga adalah FitnessFAQs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan channel YouTube FitnessFAQs dan kredibilitas sumber terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA street workout. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas BARAMORA street workout yang berjumlah 68 responden. Hasil pengujian yang dilakukan tidak terdapat pengaruh antara variabel terpaan channel YouTube FitnessFAQs terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA dan terdapat pengaruh antara variabel kredibilitas sumber terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA. Sedangkan secara simultan pengaruh terpaan channel YouTube FitnessFAQs dan kredibilitas sumber berpengaruh terhadap kebutuhan informasi anggota komunitas BARAMORA.
References
Buku
Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Baskoro, A. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT Trans Media.
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Citra Aditya bakti.
Danaher, Peter J. dan Robert Davis. 2003. A Comparison of Online And Offline Customor Brand Loyalty. Marketing Science. Person Presntice Hall.
Effendy, Onong Uchajana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Metzger, M. J., & Flanagin, A. J. 2013. Credibility And Trust Of Information In Online Environments: The Use Of Cognitive Heuristics. Journal of Pragmatics
Neuman, W. Lawrence. 2015. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : PT Indeks
Notoadmodjo, Adi. 2008. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama
Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shimp, T. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta Selatan: Salemba Empat
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Jurnal
Chandra, Edy. 2017. YouTube, Citra Media Informasi Interaksi atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi.
Fatty Faiqah, . Muh. Nadjib, . Andi Subhan Amir. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 259–272.
Gumilar, dkk. 2018. Komunitas Olah Raga untuk Kaum Urban Bandung: Membangun Jaringan Komunikasi Melalui Media Sosial. Jurnal Riset Komunikasi. Volume 1 Nomor 1:159-160
Melissa, Ezmieralda dan Hamidati, Anis 2011. Teknologi Media Baru dan Interaksi Sosial, dalam Junaedi, Fajar [ed] 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi
Puspita, Yesi. 2015. Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay: Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 3, 203-212.
Puspitadewi, I., Erwina, W., Kurniasih, N. 2016. Pemanfaatan “Twitter TMCPoldaMetro dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan , 4, 21-28.
Rosalina, dkk 2016. Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal pena imliah,1(1),374.
Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan YouTube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.
Sianipar, Aritas Puica. 2013. Vol 2, No 3 (2013). Pemanfaatan Youtube Di Kalangan Mahasiswa (Studi Penggunaan YouTube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and Gratification
Wilson, T.D. 1999. Models in Information Behaviour Research. Journal of Documentaation. 55 (3), 249-270