PENGARUH TERPAAN CHANEL YOUTUBE FITNESSFAQS DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS BARAMORA STREET WORKOUT

Authors

  • Ananda Musthofa Universitas Gunadarma
  • Rino Rinaldo Universitas Gunadarma
  • Elvia Fardiana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.683

Keywords:

Terpaan, Kredibilitas Sumber, Kebutuhan Informasi, Channel YouTube FitnessFAQs

Abstract

Informasi merupakan suatu pengetahuan yang harus didapatkan oleh setiap individu. Salah satunya adalah informasi mengenai berolahraga. Banyak konten kreator khususnya di YouTube yang membahas tentang olahraga. Salah satu canel YouTube yang membahas tentang olahraga adalah FitnessFAQs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan channel YouTube FitnessFAQs dan kredibilitas sumber terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA street workout. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas BARAMORA street workout yang berjumlah 68 responden. Hasil pengujian yang dilakukan tidak terdapat pengaruh antara variabel terpaan channel YouTube FitnessFAQs terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA dan terdapat pengaruh antara variabel kredibilitas sumber terhadap kebutuhan informasi komunitas BARAMORA. Sedangkan secara simultan pengaruh terpaan channel YouTube FitnessFAQs dan kredibilitas sumber berpengaruh terhadap kebutuhan informasi anggota komunitas BARAMORA.

References

Buku

Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Baskoro, A. 2009. Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT Trans Media.

Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Citra Aditya bakti.

Danaher, Peter J. dan Robert Davis. 2003. A Comparison of Online And Offline Customor Brand Loyalty. Marketing Science. Person Presntice Hall.

Effendy, Onong Uchajana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Metzger, M. J., & Flanagin, A. J. 2013. Credibility And Trust Of Information In Online Environments: The Use Of Cognitive Heuristics. Journal of Pragmatics

Neuman, W. Lawrence. 2015. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : PT Indeks

Notoadmodjo, Adi. 2008. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, T. A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Jurnal

Chandra, Edy. 2017. YouTube, Citra Media Informasi Interaksi atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi.

Fatty Faiqah, . Muh. Nadjib, . Andi Subhan Amir. (2016). YouTube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 259–272.

Gumilar, dkk. 2018. Komunitas Olah Raga untuk Kaum Urban Bandung: Membangun Jaringan Komunikasi Melalui Media Sosial. Jurnal Riset Komunikasi. Volume 1 Nomor 1:159-160

Melissa, Ezmieralda dan Hamidati, Anis 2011. Teknologi Media Baru dan Interaksi Sosial, dalam Junaedi, Fajar [ed] 2011. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta, Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi

Puspita, Yesi. 2015. Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay: Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 3, 203-212.

Puspitadewi, I., Erwina, W., Kurniasih, N. 2016. Pemanfaatan “Twitter TMCPoldaMetro dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan , 4, 21-28.

Rosalina, dkk 2016. Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal pena imliah,1(1),374.

Sianipar, A. P. 2013. Pemanfaatan YouTube di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.

Sianipar, Aritas Puica. 2013. Vol 2, No 3 (2013). Pemanfaatan Youtube Di Kalangan Mahasiswa (Studi Penggunaan YouTube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and Gratification

Wilson, T.D. 1999. Models in Information Behaviour Research. Journal of Documentaation. 55 (3), 249-270

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Musthofa, A. ., Rinaldo, R., & Fardiana, E. . (2023). PENGARUH TERPAAN CHANEL YOUTUBE FITNESSFAQS DAN KREDIBILITAS SUMBER TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS BARAMORA STREET WORKOUT. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(02), 125–133. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.683

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.