HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Authors

  • Zahra Nurpalah Universitas Padjadjaran
  • Dian Sinaga Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.955

Keywords:

kualitas, layanan, pemanfaatan, perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan Perpustakaan terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan menggunakan teori Servqual. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang mana populasi pada penelitian ini adalah anggota perpustakaan yang diambil pada Bulan Februari 2023 yang berjumlah 100 orang yang hasil ini didapat menggunakan teknik simpel random sampling. Analisis data dilakukan dengan metode Pearson Product Moment dan data diolah menggunakan SPSS. Melalui penelitian ini diketahui bahwa kualitas layanan memiliki hubungan dengan kepuasan pemanfaatan perpustakaan dengan perolehan angka sebesar 0,828 atau dalam tingkat hubungan “tinggi atau kuat”. Variabel yang paling tinggi diperoleh oleh Keandalan (Realiability) sebesar 0.539, disusul oleh Bukti Fisik (Tangible) sebesar 0.536, Daya Tanggap (Responsiveness) sebesar 0,522, Empati (Empathy) sebesar 0.522, dan terakhir Jaminan (Assurance) sebesar 0.491.

References

F. N. Imamah, “PENERAPAN STANDAR NASIONAL PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (SNP010:2011) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR,” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR, 2017.

T. Kurniawan, “Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Repositori Institusi,” Pustakaloka, vol. 8, no. 2, pp. 231–243, 2016, [Online]. Available: http://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/07/Renstra-Unpad-2015-2019.pdf

R. SHADRINA, “KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN DAN FASILITAS PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PROVINSI SUMATRA UTARA,” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2019.

F. Y. Astuti, R. Faishol, and R. Trianingsih, “Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Pada Mata Pelajaran Ski Kelas Xi Agama Di Man 2 Banyuwangi,” Ar-Risalah Media Keislaman, Pendidik. dan Huk. Islam, vol. 18, no. 1, p. 054, 2020, doi: 10.29062/arrisalah.v18i1.346.

S. Wahyuntini and S. Endarti, “Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa,” ABDI PUSTAKA J. Perpust. dan Kearsipan, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.24821/jap.v1i1.5909.

M. Indartini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Jasa Perpustakaan Pusat Universitas Merdeka Madiun,” J. EKOMAKS J. Ilmu Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 94–101, 2019, doi: 10.33319/jeko.v7i2.9.

E. Rahmah, AKSES DAN LAYANAN PERPUSTAkAAN Teori dan Aplikasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018.

K. Anugrah and W. Sudarmayasa, Kualitas Pelayanan Jasa: Akomodasi. Gorontalo: Ideas Publishing, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2015.

T. Taniredja and H. Mustafidah, Penelitian kuantitatif : sebuah pengantar. Bandung: Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Nurpalah, Z., & Sinaga, D. . (2023). HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 66–72. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.955

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.