HUBUNGAN KUALITAS SISTEM INFORMASI APLIKASI IPUSNAS DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK

Authors

  • Maula Siti Sarah Universitas Padjadjaran
  • Encang Saepudin Universitas Padjadjaran
  • Rully Khairul Anwar Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.968

Keywords:

Kualitas sitem informasi, kepuasan pemustaka, kerangka PIECES, Aplikasi iPusnas

Abstract

Dampak kemajuan teknologi dan internet yang kemudian hal ini mendorong perpustakaan untuk memberikan layanan berkualitas baik agar eksistensi lembaga informasi dapat terus dipertahankan dan masyarakat tetap membutuhkan jasanya. iPusnas sebagai aplikasi perpustakaan digital milik negara memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya dengan memberikan layanan yang terbaik agar pemustaka dapat merasa puas dengan apa yang disediakan dan ditawarkan oleh iPusnas itu sendiri. Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas khususnya kualitas sistem informasi aplikasi yang dapat digunakan ialah PIECES framework. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan yang terjadi antara kualitas sistem informasi aplikasi iPusnas terhadap kepuasan pemustaka yang diukur menggunakan kerangka PIECES. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, data penelitian ini dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada sampel yang mewakili jumlah populasi serta dilakukan juga wawancara sebagai instrument pendukung penelitian. Adapun variabel di dalam penelitian ini adalah performance, information and data, economics, control and security, efficiency, dan services yang termasuk ke dalam PIECES Framework sebagai variabel dependen serta variabel kepuasan pemustaka sebagai variabel independen. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengguna aplikasi iPusnas dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis korelasi Pearson Poduct Moment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 7 hipotesis yang diuji, terdapat 1 hipotesis yang ditolak yaitu control and security. Penelitian ini menggambarkan tingkat kepuasan pengguna palikasi (pemustaka) iPusnas serta memberikan pertimbangan bagi developer aplikasi untuk meningkatkan dan mengembangkan aplikasi agar menjadi jauh lebih baik lagi.

References

D. S. Fendini, Kertahadi, and Riyadi, “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna (Survei Pada Karyawan Pengguna Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) di PT.PLN (Persero) Area Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2013.

N. M. S. Rukmiyanti and I. K. Budiartha, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi (Studi Empiris pada Hotel Berbintang di Provinsi Bali),” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, vol. 5, no. 1, pp. 115–142, 2016.

N. L. Maulidia, “Analisis PIECES Dalam Implementasi Website Terhadap Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen di Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,” Universitas Islam Negeri Maulanan Malik Ibrahim Malang, Malang, 2020.

Y. Nuryanti, “Kajian Penerapan Sistem Informasi AKademik Dengan Menggunakan Metode PIECES Dalam Meningkatkan Kepuasan Civitas Akademika STIE-STMIK Insan Pembangunan,” IPSIKOM: Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 1–18, Dec. 2017, doi: 10.58217/ipsikom.v5i2.23.

D. A. N. Mawaddah, “Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan Utama UIN Jakarta,” UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

M. Indrasari, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan, 1st ed. Surabaya: Unitomo Press, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Kencana, 2017.

Hartono, Manajemen Perpustakaan Elektronik (E-Library) Konsep Dasar, Dinamika dan Sustainable di Era Digital, 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2019.

R. Sayekti and Mardianto, Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi. Medan: Perdana Publishing, 2019.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Maula Siti Sarah, Encang Saepudin, & Rully Khairul Anwar. (2023). HUBUNGAN KUALITAS SISTEM INFORMASI APLIKASI IPUSNAS DENGAN KEPUASAN PEMUSTAKA MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 29–39. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.968

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.