PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA SCOOPY DI KOTA SAMARINDA

Authors

  • Monika Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman

Keywords:

kualitas produk, Citra merek, Harga, Keputusan pembelia

Abstract

Honda scoopy telah muncul di Indonesia sejak tahun 2010 dan honda scoopy memiliki lima generasi yaitu mulai dari tahun 2010, 2013, 2015, 2017 hingga sekarang ini tahun 2024. Penelitian ini bertujuan menganalisis variabel-variabel yang penting untuk membuat keputusan pembelian konsumen agar menjaga pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data penelitian yang disebarkan melalui google form kepada masyarakat yang berdomisili di kota Samarinda, dengan sampel yang berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Adapun hasil penelitian ini yaitu motor matic honda scoopy banyak didominasi oleh kaum perempuan dikarenakan bentuk body yang ramping dan unik, untuk usia pengguna motor matic honda scoopy pada usia 20 sampai 25 tahun dengan pekerjaan yang mendominasi sebagai pelajar atau mahasiswa. Kualitas Produk terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian karena kinerja yang ditawarkan motor matic honda scoopy telah memenuhi kebutuhan konsumen dengan memiliki teknologi injeksi PGM-FI yang menjadikannya lebih irit, Citra Merek terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembeli karena merek dari honda sendiri telah mempunyai nama besar dan dikenal diseluruh dunia termasuk Indonesia yang menjadikan opsi terbaik yang dipilih konsumen, Harga terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian karena harga dari motor matic honda scoopy masih tergolong terjangkau dikalangan konsumen dengan kualitas yang telah didapat mulai dari irit bahan bakar, desain yang unik dan performa mesin yang baik dan pada Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian di kota samarinda.

References

Fitriani, R., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Area, U. M. (2023). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ( Studi Kasus Pelaku Usaha di Kecamatan Medan Tembung ) MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ( Studi Kasus Pelaku Usaha di Kecamatan Medan Tembung ).

Habir, H., Zahara, Z., & Farid, F. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 211–218. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.123

Hakim, C., Prasetya, A., & Yulianto, E. (2014). ( Survei pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti di Kabupaten Gresik ). Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 1–6.

Harjono, P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy. https://eprints.uny.ac.id/55523/1/PugerHarjuno_15808147008.pdf

Laurens, S. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada PT. Tridjaya Motor Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 28. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23528.28-34

Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709

Maulana, M. I. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. In Performa (Vol. 5, Issue 6). https://doi.org/10.37715/jp.v5i6.1854

Mishael. (2021). Pengaruh Brand Image, Product Quality, Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Komputer Merek Rexus. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Pratama, A. R. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Olahan Keripik Tempe Rini Snack Di Kota Duri. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/14627

Pratamasari, V. F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Forum Ekonomi, 24(2), 422–432. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10837

Prayoga, J. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Jambi.

Purwanto, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon Yogyakarta. Thesis, 1–23.

Sciences, H. (2020). Pengaruh Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen. Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen, 1–23.

Tannia, P. V., & Yulianthini, N. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek PCX. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 88–94.

Unisma, F. E., Gufron, M., & Manajemen, P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembeli Sepada Motor Matic Honda Scoopy (Studi Pada Konsumen Dealer Merpati Motor Kota Probolinggo) Oleh Daimatul Musyarofah*) N Rachma **). 77–94. www.fe.unisma.ac.id

Werdiasih, R. D., Karnowati, N. B., & Yoana, Y. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inovasi Daerah, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.56655/jid.v1i1.6

Yelvita, F. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap keputusan pembelian motor Honda Beat Di Moderasi Citra Merek Dalam Perspektif Bisnis Islam. In Manajemen Bisnis Syariah (Issue 8.5.2017). Univesitas Islam Negeri.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Monika, & Wediawati, T. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA SCOOPY DI KOTA SAMARINDA. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 146–154. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JAMAN/article/view/1650

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.