STRATEGI PEMASARAN YANG DITERAPKAN DI HOTEL SANTIKA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Seni Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.342

Abstract

Karya ilmiah ini bertujuan membahas bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Hotel Santika Pangkal Pinang Bangka Belitung dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Dalam hal ini pelayanan yang baik sangat diperlukan untuk suatu kepuasan konsumen hotel. Dengan pelayanan yang ramah serta bisa memenuhi kebutuhan para tamu maka citra baik hotel Santika akan di kenal dengan pelayanan yang sangat baik. Dengan itu pelayanan adalah kunci utama dari sebuah perusahaan, instansi maupun lainnya. Kualitas hotel serta pelayanan yang baik tidak pernah terlepas dari pengarahan manajemen hotel. Bangka Belitung khsusunya kota Pangkal Pinang memiliki banyak destinasi wisata yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan memperluas kesempatan kerja. Tentu saja banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata di Bangka Belitung khususnya Pangkal pinang sebagai pusat berkumpulnya para wisatawan. Tentunya banyak Hotel-Hotel yang akan di tempati para wisatawan, tentunya para wisatawan mencari Hotel dengan penilaian yang baik dan pelayanan yang bagus, posisi yang strategis, dekat dengan pusat kota dan dekat dengan bandara. Tamu atau pelanggan adalah orang yang paling penting dalam suatu perusahaan. Pelanggan tidak tergantung kepada Idta (Producer), tetapi para pihak hotel yang bergantung kepada pelanggan. Di dalam usaha perhotelan tentu memiliki manajemen tersendiri. Menurut P.Siagan (2002:43) “manajemen tersusun dari beberapa fungsi yaitu planning, organizing, acttuating, controlling dan evaluating. Dalam mencapai tujuan organisasi” salah satu manajemen yang cukup penting dalam usaha perhotelan adalah manajemen pelayanan, karena usaha perhotelan sangat erat kaitannya dengan usaha jasa.

Kata kunci : strategi pemasaran, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

References

A.S Moenir, Manajemen pelayanan umum di indonesia, (Jakarta: PT. Bumi Aksara 2008)

Daryono dan Ismanto setyobudi, Konsumen dan pelayanan prima, (Yogyakarta : Gava media, 2014)

A.S Moenir, Manajemen pelayanan umum di indonesia, (Jakarta: PT. Bumi Aksara 2008)

Abdul waris, pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip, (Skripsi : IAIN WS, 2009)

Lupiayodi Rambat, Manajemen pemasaran jasa (Jakarta: Salemba 2. 2004)

Agnes, Putri. 2013.”Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Konsumen”.

Universitas Padjajaran.

Alma, B. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Boone, L. E. dan D. Kurtz. 2007. Pengantar Bisnis Kontemporer. Edisi 11. Jakarta: Selemba Empat.

Budi, Prakoso. 2012.”Pengaruh Bauran Pemesanan dan Fasilitas

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Seni, & Achmad Fauzi. (2022). STRATEGI PEMASARAN YANG DITERAPKAN DI HOTEL SANTIKA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN . Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 36–42. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.342

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.