LOKAKARYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA WISATA DAN KONSERVASI PANTAI MINANG RUA LAMPUNG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v4i01.2103Keywords:
bahasa Inggris, desa wisata, lokakarya, Lampung Selatan, Minang RuaAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris bagi masyarakat dan pramuwisata di Desa Kelawi, guna mendukung pengelolaan Desa Wisata dan Konservasi Pantai Minang Rua, Lampung Selatan. Dengan memanfaatkan potensi yang ada, pengembangan desa wisata diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta memberdayakan sumber daya manusia melalui Kelompok Sadar Wisata. Melalui dukungan dari tim pengabdian masyarakat, program ini berupaya memperluas wawasan masyarakat agar dapat berkontribusi secara aktif dalam pembangunan desa wisata. Sasaran utama program ini adalah meningkatkan tata nilai masyarakat dengan memberikan edukasi bahasa Inggris, sehingga mereka mampu berkomunikasi dengan wisatawan asing, meningkatkan kualitas pelayanan, serta memberikan nilai tambah bagi desa wisata.
References
[1] A. A. Purba et al., “PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANAU DI KAMPUNG RAWA BAMBU KOTA BEKASI,” Krepa Kreat. Pada Abdimas, vol. 4, no. 5, pp. 11–20, 2025, doi: 0.9765/Krepa.V218.3784.
[2] I. HS, I. Mildawati, and F. Rismayanti, “Pengembangan Kapasitas Objek Wisata Cetu Cibereum,” Darma Saskara, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.35760/abdimasug.2022.v2i1.10001.
[3] A. Akhirson, F. Rismiyati, S. Teviningrum, A. S. Zahroh, and D. N. Aini, “PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI KELOMPOK PANTAI MINANG RUA , LAMPUNG SELATAN ( ENGLISH LANGUAGE LEARNING ASSISTANCE FOR TOURISM AWARENESS GROUPS AND CHILDREN IN MINANG RUA BEACH TOURISM AND CONSERVATION VILLAGE , SOUTH LAMPUNG ),” J. Pengabdi. Masy. Darma Saskara, vol. 5, no. 1, pp. 14–22, 2025, doi: 10.35760/abdimasug.2025.v5i1.14361.
[4] A. Akhirson, F. Rismiyati, S. Teviningrum, M. S. Hadiati, and A. Siti, “UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN BAHAN PANGAN LOKAL DI DESA WISATA PANTAI MINANG RUA, LAMPUNG SELATAN,” J. Pengabdi. Masy. Darma Saskara, vol. 4, no. 2, pp. 96–103, 2024, doi: http://dx.doi.org/10.35760/abdimasug.2024.v4i2.
[5] A. J. K. N. Ali, D. Wulandari, A. H. Firstiyanti, W. P. Sari, and M. Yosiana, “Efektifitas Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif di Rumah Pintar Keisha Cimanggis-Depok,” GENDIS J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 35–40, 2024, doi: 10.56724/gendis.v2i2.285.
[6] E. Sumiyati, “Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 10, no. 2, pp. 66–72, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3331