MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PEMALANG DI ERA DIGITAL

Authors

  • Agustin Sapta Rini Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1204

Keywords:

Era Digital, Digital Marketing, Media Sosial, Web

Abstract

Artikel ini membahas tentang mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk batik Pemalang di Era Digital, Literature Review. Arah pengamatan ini untuk memperoleh asumsi mengenai mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk batik Pemalang di Era Digital. Supaya dapat digunakan di penelitian selanjutnya. Temuan dari program – program ini yakni : 1) Persediaan bahan baku berpengaruh meningkatkan penjualan; 2) Kurangnya tenaga pembatik berpengaruh meningkatkan penjualan; 3) Promosi produk berpengaruh meningkatkan penjualan; 4) Sistem pemasaran serta cara bertransaksi berpengaruh meningkatkan penjualan. Kota Pemalang terkenal akan kuliner serta keindahan alamnya. Hal tersebut menjadi inspirasi Batik Arta Kencana dalam membuat corak dan motif batik sebagai ciri khas batik Pemalang.Untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan perlu dilakukan strategi pemasaran yang direncanakan dan dilakukan secara terus menerus, agar penjualan meningkat sehingga dapat mempertahankan usahanya. Di Era Digital, produsen menggunakan Digital Marketing melalui media sosial dan web sebagai alat promosi juga melayani pesanan dan bertransaksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitas dengan metode studi kasus. Sedangkan metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Semua kegiatan pengenalan produk serta transaksi dapat dilihat pada instagram https://www.instagram.com >batik pemalang.

References

Fatkul Amin dan Umar Saids. 2018.Bisnis Online : Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.

Deseven Dasih. 2021.Pengelolaan Bisnis Retail : Keahlian Bisnis, Daring dan Pemasaran.

Anis Muftias, S.E. 2022. Perencanaan Bisnis : Keahlian Bisnis dan Pemasaran.

Dr Devi Puspitasari M.Pd. 2014. Perencanaan Pemasaran : Dasar Program Keahlian Tata Niaga.

Amir, M.Taufik – 2010. Manajemen Retail. Jakarta : PPM Manajemen.

Sh Neiderman, Ben and Plaisont, Chaterme, 2010. Design ingthe user Interface : Strategies for Effectiue Human Computer Interaction, 5th Edition. New York : Addison – Wesley.

Witdya Pangestika. 2022.Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis.

GreatNusa. 2023.Digital Marketing : Pengertian, Keunggulan, Jenis, dan Tujuannya.

Faradilla A. 2023.Apa itu Digital Marketing ? Definisi, Manfaat, dan Strateginya.

Ikhsan.2023. Digital Marketing : Apa itu Digital Marketing 101 dan Jenis, Strategi + Tipsnya.

Mirza M.Haekal. 2021. Apa itu Bisnis Online ? Pengertian, Jenis, dan Manfaat ( Terlengkap ).

Dewaweb Team. 2022. Apa itu Bisnis Online ? Pengertian dan Kenapa Kamu Harus Memulainya.

Rosyda Nur Fauziyah. 2021. Cara Memulai Bisnis Online Jenis, Keuntungan, Tantangan. Pemanfaatan Media Digital Dalam Pemasaran Batik Semarang Bambang Sutejo1, Robertus Basija2, Kristina Anindita Hayuningtias3, Rachmawati Meita Oktaviani4.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univeristas Stikubank Semarang ; Jalan Kendang V Bendan Ngisor

Penerapan Marketing 4.0 dan Komunisasi Pemasaran terhadap Pemasaran UMKM Tradisional di ERA DIGITALISASI. Studi Kasus Batik Az-Zahra Medan Addilnul Alfando Putra th 2022 Universitas Medan Area.

Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Mempromosikan Batik Tusta ( Studi Kasus Akun Instagram @Batiktusta ). Novianto Pangestu, Eko Harry Susanto Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Taruma Negara 2017.

Implementasi Website untuk Meningkatkan Omset Penjualan Batik Berkah Lestari 2021. Radjaban1, Septi Riana Dewi2, Rianto3, Universitas Teknologi Yogyakarta.

Pemanfaatan Digital Marketing pada Pelaku Usaha Batik ECOPRINT volume 5 nomor 2, ( 2022 ) https://dxd01.org/10.36257/aptsvxix.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-ISSN: 2746-3591 Edukasi Penerapan Digital Marketing Bagi Pengrajin UMKM Batik.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Agustin Sapta Rini, & Achmad Fauzi. (2024). MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PEMALANG DI ERA DIGITAL. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1204

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.