PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI MEDIA TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Authors

  • Adzra Nabilanasywa Universitas Negeri Medan
  • Narda Kalyana Rajagukguk Universitas Negeri Medan
  • Alya Febrina Harahap Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Daffa Universitas Negeri Medan
  • Imamul Khaira Universitas Negeri Medan

Keywords:

Sosial media marketing, TikTok, minat beli, produk skincare, Skintific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran melalui media sosial TikTok terhadap minat beli konsumen pada produk skincare Skintific. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 34 responden yang merupakan mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran melalui TikTok memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Uji regresi linear sederhana dan uji korelasi menunjukkan adanya hubungan linear yang signifikan antara variabel sosial media marketing dan minat beli konsumen. Faktor-faktor seperti sikap orang lain, faktor tidak terantisipasi, dan kemudahan penggunaan produk juga mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini mendukung temuan sebelumnya yang menyatakan bahwa sosial media marketing memiliki dampak signifikan terhadap minat beli konsumen.

References

Abd-Alhamid, F., Kent, M., Calautit, J., & Wu, Y. (2020). Evaluating the impact of viewing location on view perception using a virtual environment. Building and Environment, 180. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2020.106932

Abdul, M., Septyadi, K., & Salamah, M. (n.d.). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE: HARGA DAN PROMOSI. 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Adhani, I., Maulida Antika, R., & Bhakti Pembangunan, S. (2024). Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate, Live Streaming dan Diskon Harga di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare (Studi Kasus di Jakarta Selatan).

Akbar, I. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Pembelian Aplikasi Music Streaming JOOX.

Catur Andryanto, F., Mulya Gemilang, T., Catur Andryanto, F., Fajar, L., Wijaya, A., & Amanatillah, A. (2016). APPLICATION OF CERAMIC LINING FLOW LINE IN HIGH CO 2 CONDITION.

Edbertkho, J., & Sulaiman, F. (2021). Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT Surya Persada Plasindo Medan Tahun 2021. In Agustus. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/issue/archivePage|290

Hanief, S., Prasakti, L., Pradana, Y. S., Cahyono, R. B., & Budiman, A. (2020). Growth kinetic of Botryococcus braunii microalgae using Logistic and Gompertz Models. AIP Conference Proceedings, 2296. https://doi.org/10.1063/5.0030459

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). 7(1).

Livia, L. (2023). KORELASI KUALITAS PENGGUNAAN FITUR LIVE STREAMING SHOPPING TIKTOK SKINTIFIC DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH FOLLOWERS TIKTOK @SKINTIFIC_ID.

Mailoor, A., Senduk, J. J., & Londa, J. W. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SNAPCHAT TERHADAP PENGUNGKAPAN DIRI MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI. In Acta Diurna: Vol. VI (Issue 1).

Purbo, A., Hidayah, N., & Hidayatur Rahman, D. (2020). Investigation of the Counselor’s Professional Competence on the Comprehensive Understanding of the Guidance and Counseling Program.

Ruliana, P., & Masdaner, R. (2021). Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Dalam Minat Beli Layanan Aplikasi Musik Spotify. 4(2). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya

Safitri, R. A., & Barkah, D. (2023). PENGARUH CONTENT MARKETING, DAN PENGGUNAAN KOL (KEY OPINION LEADER) TASYA FARASYA PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC TERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND AWARENESS DI KOTA PONTIANAK.

Anfasa, S. (2020). Pengaruh Social Media Marketing (Instagram) terhadap Minat Beli Konsumen: Survei pada Brand Madformakeup.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Adzra Nabilanasywa, Narda Kalyana Rajagukguk, Alya Febrina Harahap, Muhammad Daffa, & Imamul Khaira. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI MEDIA TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 20–30. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1406

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.