ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING

Authors

  • Julius Nursyamsi Universitas Gunadarma
  • Edi Sukirman Universitas Gunadarma
  • Makmun Universitas Gunadarma
  • Joko Utomo Universitas Gunadarma

Keywords:

Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kualitas Produk, Kinerja Pemasaran, Persepsi Harga

Abstract

Kajian keunggulan bersaing masih menjadi salah satu strategi dalam memenangkan pasar. Bagimana variabel – variabel independen dapat mempengaruhi dan mendominasi  keunggulan bersaing, hal ini digunakan untuk mengetahui sejauh mana variabel independent menjadi variabel dasar dalam menentuan keputusan penentapan kebijakan strategi keunggulan bersaing. Dalam artikel ini variabel kualitas produk, persepsi harga, inovasi produk dan kinerja pemasaran, apakah berpengaruh terhadap variabel kinerja pemasaran secara langsung dan keunggulan bersaing secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel intervening yaitu kinerja pemasaran. Metode analisis data primer dan metode pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling teknik angket menggunakan kuesioner digital. Tahapan pengujian menggunakan analisis data dengan uji valitidas, uji reliabilitas, pendekatan analisis menggunakan model PLS maka dilakukan uji kebaikan model penelitian dengan model fit dan analisis data menggunakan pengujian jalur langsung dan tidak langsung. Hasil diperoleh bahwa konstruk kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing memiliki . Ketiga indikator ini dapat memberikan nialai peluang prediktif di masa depan dan membentuk konstruk kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. In D. Prabantini & Tommy (Eds.), Penerbit Andi (edisi 1), ANDI.

Abidin, M., Irawati, W., Studi, P ., Fakultas, M., & Cooperative, M. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kasus pada Koperasi Susu.SAE. Pujon.Kab.Malang).

Amaningsih Jumhur, A. (2020). Keunggulan Bersaing Industri Kecil Menengah. Scopindo Media Pustaka

Aditya Eko Wibowo. (2019). Pengaruh harga dan Kualitas Produk Terhadap loyalitas konseumen dengan kepuasan konsumen sebagai variable intervening pada Smartphone Xiomi di Kota Magelang. Jurnal Citra Wodya Edukasi.

Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek , dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Sains

Ayu Rara Sukmawati, D., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha

Barney, J. B. (1991). Firm Resources And Sustained Competitive Advantage. Journal Of Management, 17(1), 99–120.

Belton, P. (2017). An Analysis of Michael E. Porter’s Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. In Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Macat Library, 7(3), 234-241.

Dewi, R. S., Rahadhini, M. D., & Suprayitno. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Skincare Larissa Aesthetic Center Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan

Dwi Indah Utami, & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Chendradewi, Ranny dan Imroatul Khasanah.( 2016 ) "Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Waroeng Steak & Shake Semarang Cabang Kelud”, Diponegoro Journal of Management 5, no. 4

Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. In Modern methods for business research (pp. 295–336).

Debry Ch. A. Lintong,(2018) "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Membeli Online Pada Usaha Kecil dan Menengah di Manado", Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi 5, no. 3

Dessyana, Cindy Juwita. (2013) "Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart Ii Manado", Jurnal EMBA, Vol.1 No.3

Evelyna, Feby.(2021) "Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Pembelian Tiket Secara Online Pada Generasi Milenial." Jurnal Bisnis, Manajemen. Dan Akuntansi VIII, no. 1

Faiza, Hanif dan Masreviastuti, (2018) “Pengaruh Gaya Hidup Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah”, JAB (Jurnal Aplikasi Bisnis) 4, No.2

Fitriya, Elok. (2017) “Analisis Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk”, JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), Vol. 2, No. 1.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares,Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM: Vol. VII (Cetakan VI). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Squares Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program WARPPLS 4.0. Penerbit Universitas Diponegoro.

Gradistya, G.O., & Farida, N. (2016). ‘Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadapk kinerja pemasaran melalui inovasi sebagai variabel intervening’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,Vol.5 No.3 Page 17-135.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks. In Sage (Second Edition). Sage Publication, Inc.

Hatta, I.H. (2015). ‘Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kapabilitas pemasaran dan kinerja pemasaran’, Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), Vol. 13, No. 4, hlm. 653- 661.

Hussain, J., Shah, F.A., & Akhtar, C.S. (2016). ‘Market orientation and organizational performance in small and medium sized enterprises a conceptual approach’, City University Research Journal, Vol. 6, No. 1, hlm. 166-180.

Haqqi, H., & Hasna, W. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif (1st ed., Vol. 1). Quadrant.

Henseler, J., & Sarstedt, M. (2013). Goodness-of-fit Indices for Partial Least Squares Path Modeling. Computational Statistics, 28(2), 565–580.

Hoffman, N. P. (2000). An Examination of the “Sustainable Competitive Advantage” Concept: Past, Present, and Future. Academy of Marketing Scienci Review, 2000(4), 1–16.

Jati, B.D.K., & Ngatno. (xxxx). ‘Pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada hotel non bintang di kota semarang’. . Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako. Vol. 5, No. 2.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. In A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (Eds.), Erlangga (12th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan (ed.); 9th ed., Vol. 1). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2001). Marketing Management The Millenium Edition (Special Ed). Prentice Hall International, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran ( Benyamin Molan (ed.); 13th ed.). Erlangga.

Porter, E. M. (1985). Competitive Advantage ; Creating and Sustaining Superior Performance (1st ed.). The Free Press.

Prambaudy, Astuti. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Kuliner. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 4, No 1.

Rasyid. A. H & Indah. A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif. Vol. 16. No.1.

Sari, Suharno, Noorlitaria Achmad. (2021). Pengaruh Inovasi Pemasaran Terhadap Kinerja Inovatif Dan Kinerja Pemasaran Pada Usaha MikroKecil Dan Menengah (UMKM) Kota Bontang. Jurnal Sinar Manajemen. Vol.8 (1).

Sari. L. F. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi Di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal. Vol 2. No 1.

Sarjita. Manek (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasardan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado). Jurnal EMBA. Vol.6 No.4.

Shmueli, G., Sarstedt, M., Hair, J. F., Cheah, J.-H., Ting, H., Vaithilingam, S., & Ringle, C. M. (2019). Predictive model assessment in PLS-SEM : Guidelines for using PLSpredict. European Journal of Marketing, 53(11), 2322–2347.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. penerbit Alfabeta,Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulaeman. (2018). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, DanInovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). JIABI – Vol. 2 (1).

Tjiptono. F & Gregorius. C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa (Cetakan Pertama). Andi Yogyakarta.

Wong, K. K. K.-K. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Julius Nursyamsi, Edi Sukirman, Makmun, & Utomo, J. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, INOVASI PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING . Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 76–85. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1443

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.