PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN CHICAGO FRIED CHICKEN, PERUMNAS 1 BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v3i3.1908Keywords:
bauran pemasaran, produk, harga, promosi, tempat, loyalitas pelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh promosi, harga, produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Data yang digunakan adalah data primer, dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 120 pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji determinan, uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan Produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Promosi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Tempat tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi. Produk, harga, promosi dan tempat secara Bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan Chicago Fried Chicken, Perumnas 1 Bekasi
References
B. Baskara. “Peluang Bisnis Waralaba Lokal di Tengah Pandemi.” https://www.kompas.id/baca/riset/2020/09/06/peluang-bisnis-waralaba-lokal-di-tengah-pandemi, 6 September, 2020 [Des. 23, 2024]
T. Edyansyah, J. Ahyar. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasran Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Kota Lhokseumawe.” Jurnal Visioner & Strategis, Vol 12, No 1, hal 11-21, Maret 2023.
M .Z. Zainuddin, L .O. A .Manan, Sahyunu, Suyuti. HM, R. T. Lajaria, I. Naim. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Apotek UHO Kendari. Sultra Journal of Economic and Business,” Vol 3 no 1, hal 1-10, April 2022. https://doi.org/10.54297/sjeb.Vol3.Iss1.232
A. Syafa’at, Amron, Y. Wismantoro, A. Setiawan. “Pengaruh Bauran Pemasran (Produk, Harga, Tempat, Promosi) Terhadap Loyaitas Konsumen Pada Kedai Kopi Matada di Brebes.” Jurnal Maneksi. Vol 13, no 4, hal 817-829. Desember 2024.
Nandy. “Marketing Mix: Pengertian, Asal-Usul, Konsep, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya.” https://www.gramedia.com/literasi/marketing-mix/?srsltid=AfmBOop84GkW8uq-p4WvY6b--D3-rQ4Sp8oTnuCCSQto5_bjNjwLFk09#Pengertian_Marketing_Mix, 14 Juni, 2022 [Des. 23, 2024]
P. Kotler. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia, 2015.
F. Tjiptono. Pemasaran Jasa. Malang: Mayumedia, 2011
B. Swasta, Irawan. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2014.
Sistaningrum. Manajemen Penjualan Produk. Yogyakarta: Kanisius, 2014.
A. Wijaya, Cynthia. “Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen di Hotel Garden Palace.” Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, hal 264-277, 2017
I. Aprileny, D. K. Rizki, J. A. Emarawati. “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pelanggan Make Over Cosetics di Mall Metropolitan Bekasi).” Jurnal STEI Ekonomi (JEMI). Vol 31, no 1, hal 37-51. Juni 2022. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.544
Sarmin, R. Indriani. “Pengaruh Ekspektasi Pelanggan dan Bauran Promosi terhadap Loyalitas Konsumen Di CV Ekajaya Cikarang.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol 9, no 4, hal 2789 - 2806, 2024. https://doi.org/10.30651/jms.v9i4.23784
A. N. H. Poluan, A. Hartiati, A. S. Wiranatha. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Chips-Chips Lumer”. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, Vol 12 No.3, hal 302-313, September 2024. https://doi.org/10.24843/JRMA.2024.v12.i03.p01
A. Nurbani, H. Mulyanto, M .K. Wardani, M. Andriyani. “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Serta Dampaknya Pada Loyalitas.” Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol 16 No.2, hal 109-120, Desember 2020. http://dx.doi.org/10.33370/jmk.v16i2.346
G. H. Reynaldi, N. W. S. Suprapti. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek ‘Honda’ Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 6, No 1, hal 375-401, 2017.
K. R. A. Kusuma, E. Syaodih, N. Handayani. “Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Loya;itas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit TNI AU Lanud El Tari.” ProBisnis:Jurnal Manajemen. Vol 15, no 6, hal 65-74, 2024. https://doi.org/10.62398/probis.v15i6
L .A. N. Siregar. “Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Zoya Cabang Medan dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating.” At-tawassuth. Vol 4, no 1, hal 89-113, Januari-Juni 2019. 10.30821/ajei.v4i1.4088
Leawaty, W. Sulistiadi. “Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review.” Jurnal ARSI, vol 5, No 1, hal 16-24, Oktober 2018.
M. F. Zhafari, W. D. Lestari. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Kedai Kopi Cold N’ Brew Fajar Indah Surakarta.” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol 5, No 2, hal 49-61, 2023. https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7555
N. Arfi, T. Chandrayanti, Yulistia. “Pengaruh Bauran pemasaran Jasa dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Axana Padang.” EMJM Ekasakti Matua Jurnal Manajemen. Vol 2, no 2, hal 133-141, April 2024. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i2.1052
N. Danapriatna, D. K. Fikri, A. Kamilah, P.Putra, U.Khoiriyah. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Rumah akan Pondok Gabus Lukman.” Jurnal Agribisnis Indonesia. Vol 12, no 1. Hal 63-76, Juni 2024. https://doi.org/10.29244/jai.2024.12.1.63-76
N. S. Permana, E.Julian, B. H. Adila, T. Gantani, N. Srimenganti. “Pengaruh Bauran Pemasaran Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Keripik Singkong (Manihot esculenta) Sanjai di Kabupaten Cianjur (Suatu Kasus pada Konsumen Keripik Singkong Cap Jam Gadang di Desa Ciherang Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur).” Paradigma Agribisnis. Vol 7, no 1, hal 97-110, September 2024.
P. Y. B. Setiawan, A. Fudholi, Satibi. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Produk.” Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Vol 6 no 2, hal 115-124, Juni 2016. https://doi.org/10.22146/jmpf.263
R. Aldion, A. I, Hasyim, K. Murniati. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Buah Melon Golden (Cucumis Melo L) di PT. Mekar Unggul Sari, Bogor, Jawa Barat.” Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis. Vol 8, no 4, hal 689-695, 2020.
R. J. Sidiq, W. Widodo, D. Ambarwati. “Pengaruh Bauran Pemasran (4P), Brand Awarness, dan Content Makting terhadap Loyalitas Konsumen Kaos Custom Pada PT. DNS Merch Kediri.” Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi. Vol 8, no 9, hal 61-70. 2024. https://doi.org/10.8734/musytari.v8i9.5910
T. P. Winata, K. Budiraharjo, S.Nurfadillah. “Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon.” Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Vol 10, no 1, hal 1056-1069, 2024. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v10i1.12822