PERAN MINAT BELI SEBAGAI MEDIASI PADA CITRA MEREK, DUTA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Julius Nursyamsi Universitas Gunadarma
  • Edi Sukirman Universitas Gunadarma
  • Makmun Universitas Gunadarma
  • Joko Utomo Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v4i2.2099

Keywords:

SEM-PLS, SmartPLS, Citra merek, Duta merek, Kualitas merek, Minat beli, Keputusan pembelian, intervening, mediasi

Abstract

Dalam konsep pemasaran memberikan tatanan menciptakan, komunikasi dan memberikan nilai kepada pelanggan. Minat beli dan keputusan pembelian merupakan faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan, hal ini perlu dikaji dan diketahui bagaimana terbentuknya minat beli dan keputusan pembelian pada konsumen, kedua variabel ini sebagai variabel persepsi dan psikologis muncul didorong oleh motif dan motivasi. Faktor pendorong motif antara lain citra merek, duta merek dan kualitas produk. Bagaimana peran minat beli sebagai variabel mediasi pada citra merek, duta merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Minat beli berfungsi sebagai intervening atau perantara menghubungkan variabel citra merek, duta merek dan kualitas produk, atau apakah ketiga variabel independent tersebut dapat dimediasi pengaruh dan hubungan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian dalam kajian ini menggunakan model structural equation modelling – partial least square disingkat model SEM-PLS, analisis berbasis statistik multivariat untuk menguji dan mengidetifikasi hubungan antar variabel berdasarkan kajian model teoritis. Analisis ini mengunakan model PLS dengan alat analisis adalah SmartPLS. Metode kuantitatif, data primer, pengujian outer loading, inner loading, model goodness fit dan uji jalur. Berdasarkan hasil pengujian dapat dijelaskan bahwa minat beli dapat dinyatakan memiliki sifat mediasi sebagai perantara citra merek, duta merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.

References

Annung, P., dan Mega, M. C. (2022), Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Produk Scarlett. Jurnal Ilmiah Ekonomi. Vol. 11, No. 01, 2684-8228.

Cantika, I. F., dan Nurvita, T. (2021).

Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus E- Commerce Shopee). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 08, No. 02, 2355-9357.

Fandi, S. B., dan Khuzaini. (2019).

Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manjemen. Vol. 08, No. 09, 2461-0593.

Ferdinand, A. (2014). Metode

Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi 5). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, A. (2019), Pemasaran

Produk dan Merek (Planning and Strategy), Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Franadita, D., dan Silalahi, P. R. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Mie Instan Mie Sedap (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Sedap kota Medan). Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 2(1), 1–7.

Ghozali, I, dan Hengky, L. (2020).Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Edisi 2. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hahn, Fried .E., dan Mangun, Kenneth G. 2012. Do-it- Yourselft Advertising and Promotion. Jakarta: PT. Grasindo.Hair, et al (2017). A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS- SEM) Edisi Kedua. United States of America : SAGE Publication, Inc.

Indrasari, M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Edisi Pertama Cetak Pertama. Surabaya: Unitomo Press.

Kamalita, N. M. A., Kurniati, R. R., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe Sanan di Kota Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(1), 85–89.

Katadata. (2023). Top Brand Frozen Food 2022-2023. Katadata.co.id.

Kotler, P & Keller, K. L. (2020). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth Edition). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021).Principles of Marketing (18e Global Edition) [E-book]. Pearson Education Limited.

Liza, K., dan Saidun, H. (2019), Peran

Mediasi Minat Beli pada Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Medan Napoleon. Jurnal Ekonomi. Vol. 08, No. 03, 2579-8014.

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., dan Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), 49–64.

M.Yusuf, S., dan Miah, S. 2019, Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar: CV Sah Media.

Nugroho, A. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Julius Nursyamsi, Edi Sukirman, Makmun, & Utomo, J. (2025). PERAN MINAT BELI SEBAGAI MEDIASI PADA CITRA MEREK, DUTA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 120–126. https://doi.org/10.56127/jekma.v4i2.2099

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.