LOYALITAS PASIEN DI RSUD DR. RS CHASBULLAH ABDUL MAJID KOTA BEKASI DITINJAU DARI KEPUASAN PASIEN DENGAN FASILITAS RUMAH SAKIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Ajat Sudrajat Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.468

Keywords:

Loyalitas Pasien, Kepuasan dan Fasilitas Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Kepuasan Pasien mempengaruhi Loyalitas Pasien  secara positif, 2) Fasilitas Rumah Sakit  memediasi pengaruh Kepuasan Pasien, 3) Fasilitas Rumah Sakit memedias Pengaruh Kepuasan Pasien  terhadap Loyalitas Pasien, Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsionate Random Sampling. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang Kepuasan Pasien, Fasilitas Rumah Sakti dan Loyalitas Pasien kepada 100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Partial Least Square menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil tidak signifikan Pengaruh Fasilitas Rumah Sakit  (Z)   terhadap Loyalitas Pasien   (Y): Koefisien jalur = 15.172  dan P-Values = 0,073 (> 0.05), artinya, tidak ada pengaruhnya Fasilitas Rumah Sakit   terhadap Loyalitas Pasien   adalah positif dan   tidak signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Pelayanan (X)   terhadap Fasilitas Rumah Sakti  (Z) Koefisien jalur = 29,128 dan P-Values = 0.000 (< 0.05), artinya, adanya pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Fasilitas Rumah Sakit  adalah positif dan signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Pelayanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) Koefisien jalur = 1.812  dan P-Values = 0.00 (< 0.05), artinya,  adanya Kualitas Pelayanan   (X) terhadap Lolatas Nasaabah   (Y) adalah positif dan signifikan. Dari hasik uji inner weight diperoleh hasil signifikan: Pengaruh Kualitas Layanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) dengan Fasilitas Rumah Sakit   (Z) sebagai variable intervening P-Values = 0.075 (> 0.05), artinya, tidak adanya pengaruh Kualitas Layanan (X)  terhadap Loyalitas Pasien   (Y) dengan Fasilitas Rumah Sakit   (Z) sebagai variable intervening.

References

Abdillah, Willy &Jogiyanto. (2015). Partial Least Square(PLS). Yogyakarta: Andi Offset

Frimayasa, A., & Lawu, S. H. (2019). PENGARUH FASILITAS TEMPAT WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA DUNIA FANTASI (DUFAN) TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL JAKARTA. Managerial, 2(2).

Ghozali,Imam dan Hengki Latan. 2015. Partial Least Square “Konsep, Teknik dan Aplikasi” menggunakan program smartPLS 3.0. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali

Nasution, I. H., & Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Kota Wisata Kabupaten Bogor. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.

Sumayang, Lalu. 2003. Dasar-dasar Mangemen Produksi dan Operasi. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatakan Pangsa Pasar. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia. 2000. Total Quality Management. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2002. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam pemasaran. edisi II, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein, 2002, “Metodologi Penelitian”, Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Sudrajat, A. (2023). LOYALITAS PASIEN DI RSUD DR. RS CHASBULLAH ABDUL MAJID KOTA BEKASI DITINJAU DARI KEPUASAN PASIEN DENGAN FASILITAS RUMAH SAKIT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.468

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.