PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK NOERA COLLAGEN DRINK DI TIKTOKSHOP

Authors

  • Sindy Clarita Putri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Henny Armaniah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.970

Keywords:

Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh secara parsial dan simultan  antara  variabel  desain  produk  dan  kualitas  produk  terhadap  keputusan  pembelian  pembelian  pada  produk  Noera  Colagen  Drink  di  Tiktokshop.  Jenis  penelitian  ini  menggunakan penelitian kuantitatif karena mengarah kepada metode pengukuran dan  sampel untuk menguji variabel dan hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS  versi  27,  peneliti  melakukan  beberapa  pengujian  antara  lain  uji  validitas,  uji  reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, uji F,  analisis  regresi  linear  berganda  dan  uji  koefisien  determinasi.  Populasi  dalam  penelitian ini berjumlah 100 yaitu seluruh pembeli produk Noera Colagen Drink di  Tiktokshop pada periode 2023 dibulan Januari, Februari,  Maret dan April, dengan  metode pengambilan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling  teknik  Convenience  sampling  yang  berjumlah  sebanyak  50  orang.  Hasil  penelitian  ini  diperoleh bahwa desain produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap  keputusan  pembelian  pada  produk  Noera  Colagen  Drink  di  Tiktokshop.  Kualitas  produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada  produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop. Desain produk dan kualits produk secara  simultan  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  keputusan  pembelian  pada  produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop

References

Agtovia Frimayasa, Setiyo Purwanto, D. H. P. (2023). Statistik Berbasis Komputer. OMERA PUSTAKA.

Adonis, Michael Reinout, and Yunita Budi Rahayu Silintowe. 2021. “Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y.” CAPITAL KEBIJAKAN EKONOMI MANAJEMEN & AKUNTANSI 3(1): 118–38.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Daning, V. &. (2020). Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT. Trinitas Mulia Abadi Jakarta Utara. 3(1).

Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 941–945.

Doni, Firman, Agus Sutardjo, and Tifani Ratu Firdaus. 2021. “Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oppo (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Ekasakti Padang).” JM Universitas Ekasakti Padang 3(4): 716–29.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Halim, K. O., Mona, Loren, E., Wijaya, D., & Siregar, I. N. P. (2019). Terhadap

Kinerja Karyawan Pada Pt Sentosa Plastik Medan. 8(1), 139–146.

Hananto, Djoko. 2021. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1(1): 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.

Hapsoro, B. V., Tamba, M., Suratmi, T., & Nurminingsih, N. (2022). Pengaruh Motivasi, Pelatihan, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bhinneka Life Indonesia Di Jakarta. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(2), 166–175. https://doi.org/10.52643/jam.v12i2.2298

Khoirul, Muhammad, Ayun Maduwinarti, and Agung Pujianto. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya.” Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis 6(1): 37–43.

Kuncoro, H. (2018). Statistika Deskriptif untuk Analisis Ekonomi (R. A.

Kusumaningtyas, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maidarti, T., Azizah, M., Wibowo, E., & Nuswandari, I. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Saraka Mandiri Semesta Bogor. Deviratif: Jurnal Manajemen, 16(1), 127–145.

Mukarromah, Dewi Saidatul, and Chusnul Rofiah. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata.” JMD: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (STIE PGRI Dewantara Jombang ) 2(1): 27–36.

Ningsih, S. S. (2019). pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Madiun. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5– 10.

Pertiwi, Rianty Buana, and Yayu Rahayu. 2020. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung.” Sain Manajemen (Universitas Adhirajasa Reswawa Sanjaya) 2(2).

Putra, F. D., & Wijaksana, T. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Wahana Prestasi Logistik. EProceedings ..., 9(3), 1586– 1592.

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/ar ticle/view/18110%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/inde x.php/management/article/view/18110/17739

Revita, M., Frimayasa, A., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Penelitian Ilmu Manajemen, 1(1), 2614–3747.

Soedjono, Tegowati, and Wininatin Khamimah. 2019. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Dan Layanan Purna-Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Accounting and Management Journal (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya) 3(1): 23–35.

Suari, Made Tiya Yogi, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, and Ni Nyoman Yulianthini. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Bisma: Jurnal Manajemen 5(1): 26–33.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alphabet

Syitah, S. U. (2019). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja

Karyawan Pada Pt . Pegadaian. 4(3), 446–458.

Tannia, Putu Visin, and Ni Nyoman Yulianthini. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Pcx.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 3(2): 87–94.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Putri, S. C. ., & Armaniah, H. . (2023). PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK NOERA COLLAGEN DRINK DI TIKTOKSHOP. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 99–109. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.970

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.