PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK NOERA COLLAGEN DRINK DI TIKTOKSHOP
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.970Keywords:
Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pembelian pada produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena mengarah kepada metode pengukuran dan sampel untuk menguji variabel dan hipotesis. Dengan menggunakan program SPSS versi 27, peneliti melakukan beberapa pengujian antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, uji F, analisis regresi linear berganda dan uji koefisien determinasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 yaitu seluruh pembeli produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop pada periode 2023 dibulan Januari, Februari, Maret dan April, dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode Non-Probability Sampling teknik Convenience sampling yang berjumlah sebanyak 50 orang. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa desain produk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop. Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop. Desain produk dan kualits produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Noera Colagen Drink di Tiktokshop
References
Agtovia Frimayasa, Setiyo Purwanto, D. H. P. (2023). Statistik Berbasis Komputer. OMERA PUSTAKA.
Adonis, Michael Reinout, and Yunita Budi Rahayu Silintowe. 2021. “Desain Produk, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Y.” CAPITAL KEBIJAKAN EKONOMI MANAJEMEN & AKUNTANSI 3(1): 118–38.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Daning, V. &. (2020). Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Terhadap Kinerja
Karyawan Pada PT. Trinitas Mulia Abadi Jakarta Utara. 3(1).
Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Tokopedia. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 941–945.
Doni, Firman, Agus Sutardjo, and Tifani Ratu Firdaus. 2021. “Pengaruh Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oppo (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Ekasakti Padang).” JM Universitas Ekasakti Padang 3(4): 716–29.
Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Halim, K. O., Mona, Loren, E., Wijaya, D., & Siregar, I. N. P. (2019). Terhadap
Kinerja Karyawan Pada Pt Sentosa Plastik Medan. 8(1), 139–146.
Hananto, Djoko. 2021. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ 1(1): 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit.
Hapsoro, B. V., Tamba, M., Suratmi, T., & Nurminingsih, N. (2022). Pengaruh Motivasi, Pelatihan, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bhinneka Life Indonesia Di Jakarta. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(2), 166–175. https://doi.org/10.52643/jam.v12i2.2298
Khoirul, Muhammad, Ayun Maduwinarti, and Agung Pujianto. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya.” Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis 6(1): 37–43.
Kuncoro, H. (2018). Statistika Deskriptif untuk Analisis Ekonomi (R. A.
Kusumaningtyas, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maidarti, T., Azizah, M., Wibowo, E., & Nuswandari, I. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Saraka Mandiri Semesta Bogor. Deviratif: Jurnal Manajemen, 16(1), 127–145.
Mukarromah, Dewi Saidatul, and Chusnul Rofiah. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Bata.” JMD: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (STIE PGRI Dewantara Jombang ) 2(1): 27–36.
Ningsih, S. S. (2019). pengaruh pelatihan dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada bank BRI Syariah KC Madiun. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5– 10.
Pertiwi, Rianty Buana, and Yayu Rahayu. 2020. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung.” Sain Manajemen (Universitas Adhirajasa Reswawa Sanjaya) 2(2).
Putra, F. D., & Wijaksana, T. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Wahana Prestasi Logistik. EProceedings ..., 9(3), 1586– 1592.
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/ar ticle/view/18110%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/inde x.php/management/article/view/18110/17739
Revita, M., Frimayasa, A., & Kurniawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Penelitian Ilmu Manajemen, 1(1), 2614–3747.
Soedjono, Tegowati, and Wininatin Khamimah. 2019. “Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Dan Layanan Purna-Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Accounting and Management Journal (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya) 3(1): 23–35.
Suari, Made Tiya Yogi, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, and Ni Nyoman Yulianthini. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Bisma: Jurnal Manajemen 5(1): 26–33.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alphabet
Syitah, S. U. (2019). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja
Karyawan Pada Pt . Pegadaian. 4(3), 446–458.
Tannia, Putu Visin, and Ni Nyoman Yulianthini. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merek Pcx.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 3(2): 87–94.