EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA RUMAH SAKIT X
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.228Keywords:
Efektivitas Organisasi, Rumah SakitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas organisasi di Rumah Sakit X. Asessmen dilakukan kepada setiap unit di Rumah Sakit X dengan menggunakan beberapa metode diantaranya adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner (angket) yang digunakan dalam melakukan diagnosis organisasi ini, dengan alat ukur Organizational Diagnostic Questionaire (ODQ) yang disusun oleh Preziosi tahun 2002. Alat ukur ODQ ini digunakan untuk mendiagnosa kondisi organisasi. ODQ ini disusun dengan menggunakan model Six-box Organizational Model Weisbord untuk menentukan pendekatan yang sistematis dalam menganalisa hubungan antara variable yang memengaruhi pengelolaan organisasi. Kuesioner dibagikan kepada 230 karyawan dari 460 karyawan Rumah Sakit X. Berdasarkan hasil kuesioner serta merujuk pada norma, dapat diketahui bahwa nilai reward (4.14) mengindikasikan Rumah Sakit X mengalami permasalahan pada dimensi organisasi ini.
References
Baligh, H. H. & Burton, R. M. (1981). Describing and designing organizational structures and processes. International Journal of Policy Analysis and Information Systems, 5, 251-266
Barney, J. (1991) Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17, 99-120
Boyd, B.K., & Salamin, A. (2001) Strategic reward systems: A contingency model of pay system design. Strategic Management Journal, 22, 777-792
Cooperrider, D.L. & Whitney, D (2001) A positive revolution in change. Champaign, IL: Stipes
Cummings, T. G., & Worley, C. G. (2009). Organizational development and change. Canada : South Western Cengage Learning.
Decanio, S., Dibble, C., & Atefi, K. A. (2000). The Importance of Organizational Structure for the Adoption of Innovations. Management Science Journal., vol 46, 1285-1299.
DeCenzo, D. A., & Robbins. (1998). Fundamental of Management. New York: Prentice Hall
Graen, G. B., Novak, M. A., & Sommerkamp, P. (1982). The effects of leader–member exchange and job design on productivity and satisfaction: Testing a dual attachment model. Organizational Behavior & Human Performance, 30(1), 109–131
Gray, J.L., & Sstarke, F, A. (1984). Organizational Behavior: Concepts and Applications. CA: Merrill Pub, Co
Griffith, D. A. (2002). The role of communication competencies in international business relationship development. Journal of World Business, 37 (4), 256-265.
Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Leventhal, G.S., Karuza, J. & Fry, W.R. (1980) Beyond Fairness: A Theory of Allocation Preferences. Justice and Social Interaction, 3, 167-218
Luthans, F., Bergen, S.A., & Hennessey, H. W. (1985). What do successful managers really do? An observational study of managerial activites. Journal of Applied Behavioral Science, 21, 255-270
Manasse, L. (1985). Vision and Leadership: Paying Attention to Intention. Peabody Journal of Education, 63, 150-173
Moleong. L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Robbins, S.P. (2001). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi, aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta : PT. Prenhallindo
Soekanto, S. (1990). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sparrow, P., & Cooper, C. (2014). Organizational effectiveness, people and performance: new challenges, new research agendas. Journal of Organizational Effectiveness: People and Performance, 1(1), 2–13.
Steers, R. M., & Porter, L. W. (1983). Motivation and work behavior edisi Ke-3. New York : McGraw Hill Book Company.
Stewart, C. J., & Cash, William B.. (2012). Interviu: prinsip dan praktik edisi 13. Jakarta: Gramedia
Stohl, C. & Redding, W.C. (1987). Messages and Message Exchange Processes. CA: Merrill Pub, Co
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif. Bandung : PT Alfabeta.
Weihrich, H., & Koontz, H. (2005). Management a global perspective 11th Edition. Singapore : Mc Graw Hill Education.
Weiss, H. M., & Cropanzano, R. (1996). Affective Events Theory: A theoretical discussion of the structure, causes and consequences of affective experiences at work. In B. M. Staw & L. L. Cummings (Eds.), Research in organizational behavior: An annual series of analytical essays and critical reviews, Vol. 18 (p. 1–74). Elsevier Science/JAI Press.
Whiitney, D., & Bloom, T. A. (2003). The Power of Appreciative Inquiry: A Practical Guide to Positive Change. San Fransisco: Berret – Koehler.