PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI KULIAH DARING DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.67Keywords:
Self-regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa, Kuliah DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengikuti kuliah daring di masa pademi COVID-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif denagn menggunakan instrument penelitian dari skala self regulated learning yang dimodifikasi dari Setyanto (2014) berdasarkan aspek-aspek self regulated learning Pintrich (2004) dan skala prokrastinasi akademik yang dimodifikasi dari Rahayu (2013) berdasarkan ciri-ciri prokrastinasi akademik yang dikemukakan oleh Ferrari, Johnson dan Cown (1995). Adapun sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti kuliah daring di masa pandemi COVID-19. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows ver. 25.0. berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai R square = 0,225. Dapat diartikan bahwa self regulated learning mempengaruhi prokrastinasi akademik sebesar 25,5% pada mahasiswa yang mengikuti kuliah daring di masa pandemi, dimana sisanya 74,5 % dipengaruhi variabel lain di luar penelitian.
References
Ahmad, R. (2010). Pengelolaan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Alfina, I. (2014). Hubungan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). Ejournal Psikologi, 2(2), 227- 237.
Amel, Luthfi, & Wahyu. (2020). Kuliah daring, bagaimana curhat mahasiswa? Diakses pada tanggal januari 12, 2021, dari https://lpmopini.online/kuliah-daring-bagaimana-curhat-mahasiswa/
Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastinatiom: Why you do it, what to do with it now. New York: Perseus Books.
Darmawan, G. P. (2019). Pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 470-479.
Dinata, I. D., & Supriyadi. (2019). Hubungan kontrol diri, beban kerja dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Udayana yang bekerja part time. Jurnal Psikologi Udayana, 103-115.
Fadli, R. (2020). Begini kronologi lengkap virus corona masuk indonesia. Diakses pada tanggal 12 januari 2021, dari https://www.halodoc.com/artikel/kronologi-lengkap-virus-corona-masuk-indonesia
Ferrari, J. R., J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and. treatment. New York: Plenum Press.
Hidayah, N., & Atmoko, A. (2014). Landasan sosial budaya dan. Psikologis pendidikan terapannya di kelas. Malang: Gunung Samudera.
Hidayat, H. N. (2019). Perbedaan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa yang berdomisili di kos dan di pondok pesantren. Skripsi. Univeritas islam negeri walisongo. Semarang
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Janur, R. (2020). Suka duka mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring. Diakses pada tanggal 12 Januari 2021, dari http://sitinjausumbar.com/berita/detail/suka-duka-mahasiwa-dalam-mengikuti-perkuliahan-daring
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Se mendikbud: Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Diakses pada tanggal 12 januari 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Krismayani, J. D. (2020). Segudang kejadian jenaka saat kuliah daring, kamu mengalaminya juga? Diakses pada tanggal 12 januari 2021, dari https://inibaru.id/hits/segudang-kejadian-jenaka-saat-kuliah-daring-kamu-mengalaminya-juga
Prodjo, W. A. (2020). Di rumah aja, ini tips manajemen waktu agar tetap produktif dan terhindar dari stres. Diakses pada tanggal 11 agustus 2021, dari https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/20/070000671/di-rumah-aja-ini-tips-manajemen-waktu-agar-tetap-produktif-dan-terhindar?page=all
Purnamasari, D. M. (2020). Jokowi: Saatnya kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Diakses pada tanggal 4 maret 2021, darihttps://nasional.kompas.com/read/2020/03/15/14232961/jokowi-saatnya-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah?page=all
Putri, N. F. (2021). Pembelajaran jarak jauh bagai belenggu jeruji besi dalampandangan ivan illich. Diakses pada tanggal 11 agustus 2021, darihttps://kumparan.com/nurul-fitriana-1610013005446358481/pembelajaran-jarak-jauh-bagai-belenggu-jeruji-besi-dalam-pandangan-ivan-illich-1uwMpgn0KXU
Rahayu, N. (2013). Hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa bimbingan dan konseling Angkatan 2008 universitas negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas negeri yogyakarta. Yogyakarta
Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada anggota BEM universitas X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2);1-6.
Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2016). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, 5(1), 44-49.
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-regulated learning (SRL) dengan prokrastnasi akademik pada siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66-75.
Senecal, C., Koestner, R., & Vallerand, R. J. (1995). Self-regulation and academic procrastination. The journal of social psychology, 135(5), 607-619.
Setyanto, G. G. (2014). Pengaruh self regulated learning dan pola asuh orang tua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta. Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of counseling psychology, 31(4), 503.
Viral. (2020). Kocak, mahasiswa ini tidur pulas saat kuliah online. Diakses pada tanggal 12 Januari 2021, dari https://kumparan.com/viral/kocak-mahasiswa-ini-%20tidur-pulas-saat-kuliah-daring-1uJRtfdDWmw
Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of educational psychology, 81(3), 329.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. (1989). Self-regulated learning and academic achievement. New York: Springer.