PENERAPAN TEORI EPISTEMOLOGY KONSTRUKTIVISME PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING (SPADA) INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukeke.v3i2.1275Keywords:
Konstruktivisme; Pembelajaran Daring.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan teori konstruktivisme yang terkait dengan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) interaktif di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Pejuang Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran daring interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa teknik Penggumpulan dari hasil penelitian terkait yaitu tentang Penerapan Teori Epistemology Konstruktivisme pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) interaktif. Hasil dari penelitian ini, Mahasiswa dapat mengonstruksi pemahamannya melalui pembelajaran daring dengan berbantuan media whatsapp seperti mengajukan pertanyaan melalui chat, atau voice note, mengerjakan tugas secara langsung melalui share link dari Dosen, memberikan feedback atau koreksi ke Mahasiswa dengan melampirkan bukti screenshoot, dan menyimpulkan materi secara bersama-sama dengan meminta Mahasiswa mengirimkan foto hasil rangkuman materi dan dibagikan pada chat grup, serta Dosen menambahkan, menjelaskan dengan disertai lampiran materi berupa doc, PPT, dan e-modul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran daring menunjukkan proses interaktif yang sangat baik antara dosen dan Mahasiswa.
References
Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap PrestasiBelajar. Jurnal Imiah Pendidikan DanPembelajaran, 3(1), 53. 25(1).
Dewi, R. E. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah. https://www.readcube.com/articles/10.268 58%2Fpembelajar.v2i1.5442
Hadi, B. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran. Pengembangan ICT Dalam Pembelajaran Universitas Sebelas Maret, November, 36–44.
Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-a Match) untukMeningkatkan Hasil Belajar PendidikanKewarganegaraan. Jurnal Ilmu PendidikanSosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199– 212.
Maryam, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 88–97.
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang.
Sujarwanto, -. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup Di Kelas Iii a Sd Negeri Keputran. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 69–80.
Tahrun. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Pada Kelas Maya. 34–45.