PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, MINAT BELI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IMPLORA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.1179Keywords:
Endorsement Selebriti, Minat Beli, Citra Merek Dan Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement, minat beli dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Implora pada mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Gunadarma. Data yang digunakan pada penelitian ini meggunakan instrument kuesioner, dan data valid berhasil dikumpulkan sebanyak 86 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purpose sampling. Alat bantu yang digunakan adalah SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji asumsi klasik, model regresi terdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas dan heterokesadtisitas, uji linieritas terhadap variabel X1,X2, dan X3 terhadap Y mempunyai hubungan yang linier. Pada uji T diperoleh variabel celebrity endorsement, minat beli dan citra merek berpengaruh positif signifikan secara persial terhadap keputusan pembelian. Pada uji F diketahui bahwa ketiga variabel yaitu celebrity endorsement, minat beli dan citra merek secata simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 49.1% sedangkan sisanya 50.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
References
Apriani, S., & Bahrun, K, (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 2(1), 14-25.
Ayuniah, P, (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma yang Mengambil Kuliah di Kampus Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22(3).
Augusty, Ferdinand, (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang, Universitas Diponegoro.
Belch, George E & Belch, Michael A, (2004), Advertising and Promotion, Sixth Edition, Mc Graw Hill, New York.Fandy Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Hasbi, I, (2020). Pengaruh Brand Credibility, Brand Personality, dan Endorsement Beuty Vlogger terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Varabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Make Over Bandung), Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 6(1).Micael Y. Angkasa, Hendra N. Tawas, Michael Raintung (2017).
Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
Kotler, P. and Keller, Kevin L, (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey, Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler dan Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta, Erlangga
Oktavianty, F, (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Jakarta Utara. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Di Jakarta Utara.
Pertiwi, A. B., & Mahmud, M, (2021). Membangun Keputusan Pembelian dan Minat Beli Ulang Produk Scarlett Whitening melalui Harga, Celebrity Endorser, dan Citra Merek. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(1), 48-57.
Ramlawati, R., & Lusyana, E, (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah pada Mahasiswi
Rosita, D., & Novitaningtyas, I, (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS, Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494-505.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L, (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana, (2020). Pemasaran, Penerbit Andi Yogyakarta.
Yanti, I. N, (2022). Pengaruh Advertisement, Celebrity Endorsement, Brand Image, Serta Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Pada Sosial Media Instagram (Studi Mahasiswa Di Kudus) (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).