A ClOSER LOOK AT NOTE-TAKING ENCOURAGEMENT: CONTEXTUAL ANALYSIS OF LANGUAGE TEXTBOOK CONTENT
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1281Keywords:
Textbooks, evaluation, Note takingAbstract
Penelitian ini menggali penyelidikan komprehensif mengenai dorongan mencatat melalui analisis kontekstual isi buku teks bahasa. Tujuan utamanya adalah untuk mengeksplorasi cara-cara bernuansa di mana isi buku teks bahasa membentuk dan mempengaruhi perilaku mencatat siswa. Dengan menggunakan metode analisis kontekstual, penelitian ini bertujuan untuk membedah dan menjelaskan berbagai strategi, teori, dan praktik pembelajaran yang tertanam dalam isi buku teks bahasa. Melalui pemeriksaan menyeluruh terhadap bahan-bahan ini, penelitian ini berusaha untuk mengungkap mekanisme yang mendasari konten buku teks bahasa merangsang dan mendorong praktik pencatatan yang efektif dan bermakna di kalangan siswa. Dengan memberikan pemahaman yang bernuansa interaksi antara konten buku teks bahasa dan perilaku mencatat, penelitian ini bertujuan untuk menawarkan wawasan yang dapat menginformasikan pengembangan materi pembelajaran yang lebih tepat sasaran dan efektif. Pada akhirnya, temuan penelitian ini memiliki potensi untuk berkontribusi pada peningkatan praktik pendidikan dengan memfasilitasi desain bahan ajar yang lebih mendukung dan mempromosikan strategi pencatatan yang efektif di kalangan siswa sekolah menengah pertama
References
Bhatti, N., & Abdullah, N. A. (2024). Teachers’ and students’ perception of effectiveness of english textbook grade VIII in Public Schools in Pakistan in digital era. Discover Education, 3(1). https://doi.org/10.1007/s44217-024-00094-x
Bulqiyah, D. A. A., & Ambarwati, E. K. (n.d.). A CONTENT ANALYSIS OF “MY NEXT WORDS” ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEMENTARY STUDENTS. JPBII, 11(1), 2615–4404. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i1.1776
Elo, S., Kääriäinen, M., Kanste, O., Pölkki, T., Utriainen, K., & Kyngäs, H. (2014). Qualitative Content Analysis. SAGE Open, 4(1), 215824401452263. https://doi.org/10.1177/2158244014522633
Sheldon, L. (1988). Evaluating ELT textbooks and materials. ELT Journal, 42(4), 237–246.
Siegel, J. (2021). Evaluating EAP notetaking textbooks: Eight key questions. Journal of English for Academic Purposes, 50. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2020.100952
Siegel, J. (2022a). FACTORS AFFECTING NOTETAKING PERFORMANCE. International Journal of Listening. https://doi.org/10.1080/10904018.2022.2059484
Siegel, J. (2022b). Research into practice: Teaching notetaking to L2 students. In Language Teaching (Vol. 55, Issue 2, pp. 245–259). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/S0261444820000476
Siegel, J. (2023). PROFILES IN NOTETAKING: A MULTIPLE CASE STUDY. International Journal of Listening. https://doi.org/10.1080/10904018.2023.2168667
Siegel, J., & Kusumoto, Y. (2022). A cross-cultural investigation of L2 notetaking: student habits and perspectives. Journal of Multilingual and Multicultural Development. https://doi.org/10.1080/01434632.2022.2036168
Tosun, S. (2013). A Comparative Study on Evaluation of Turkish and English Foreign Language Textbooks. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 1374–1380. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.199