STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DIAMOND SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Evan Saktiendi Universitas Gunadarma
  • Septi Herawati Universitas Gunadarma
  • Naufal Asyraf Ghiffari Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1282

Keywords:

Online integrated marketing communication strategy, Marketing Mix, Diamond Shop, Instagram

Abstract

Penelitian ini mengkaji dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Diamond Shop menerapkan segmentasi kepada kalangan middle class. Positioning dilakukan juga oleh Diamond Shop dengan menjual produk hanya produk fashion Muslimah. Diamond Shop memanfaatkan sosial media Instagram sebagai alat pemasaran dan juga sebagai media komunikasi dengan customer. Promosi dilakukan dengan cara membuat foto maupun video yang menarik yang akan di upload di Instagram. Diamond Shop melakukan interaksi kepada konsumen melalui direct message untuk memberikan saran dan komentar dari customer yang akan di implementasikan oleh Diamond Shop.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Bonarja, P. et al. (2020). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Yayasan Kita menulis. Firmansyah, M. A. ,& SE,M. (2020). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.

Morrisan, M. A. (2015). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana. Rahmadi, R. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi Umkm. Digitalisasi UMKM, 57.

Afrilia, A. M. (2018). Digital marketing sebagai strategi komunikasi pemasaran “waroenk ora umum” dalam meningkatkan jumlah konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147-157.

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27.

Aliansyah, M. R., & Ali, D. S. F. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). Proceedings of Management, 4(3).

Asari, E. S., Noor, H. F., Triputra, P., Sujono, F. K., & Lukman, E. (2012). Evaluasi strategi komunikasi pemasaran dalam merintis bisnis undangan pernikahan online kartun: studi kasus undangan pernikahan online Vidiyan. com= Evaluation of marketing communications strategy in wedding invitation online business startup: case study Vidiyan. com online business cartoons wedding invitations.

Azzahrani, M. (2018). Strategi komunikasi pemasaran kementerian pariwisata Indonesia dalam pesona indonesia melalui youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 144-161.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Bari, S. (2015). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam membangun ekuitas merek Mobil Toyota Avanza: Studi pada PT. Astra Internasional, Tbk-AUTO 2000 Toyota Cabang Sukun Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Depiyanti, O. M. (2014). Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 132-141.

Fadly, H.D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(2), 213-222.

Kompensasi, L. K., & Produktivitas,P. K. T. 3.1 Objek Penelitian.

Kusniadji,S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83-98.

Melni, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran@ Lopo Mandailing Coffe Pada Media Sosial Instagram Di Kecamatan Panyabungan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116-129.

Nurlena,N., Musadad, M., & Ratna, R. (2018, September). IMPLEMENTASI STRATEGI STP (SEGMENTATION, TARGETING & POSITIONING) DI DESA WISATA RUMAH DOME, SLEMAN,YOGYAKARTA. In

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data.

Prakoso, J. H., & Al Paksi, Y. F. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada PT. Yoghurt Cimory Jakarta Dalam Membangun Ekuitas Merek Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 34-42.

Pritandhari, M., Stats, S. M., &Riani, A. L. (2014). Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Untuk Meningkatkan Loyalitas Anggota Bmt Amanah Ummah Sukoharjo.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Sarastuti, D. (2017). Strategi komunikasi pemasaran online produk busana muslim queenova. Visi Komunikasi,16(01), 71-90.

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Event JAKCLOTH SUMMER FESTIVAL 2014 “Heroes of Our Time”

Untari, D., & Fajariana, D. E (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2),271-278.

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-dokumentasi/ (Diakses pada tanggal 7 Juli 2022).

http://www.unpas.ac.id/ (Diakses pada tanggal 7 Juli 2022).

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Saktiendi, E., Herawati, S., & Ghiffari, N. A. . (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DIAMOND SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 27–36. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1282

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.