MENANAMKAN NILAI-NILAI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBINAAN MORAL DI LINGKUNGAN MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA

Authors

  • Ahmad Saufi IAIN Palangkaraya
  • Dimas Syamsudin IAIN Palangkaraya
  • Gusti Muhammad Bustanil Arifin IAIN Palangkaraya
  • Muhammad Zaini IAIN Palangkaraya
  • Riski Nugroho Efendi IAIN Palangkaraya
  • Ali Iskandar Zulkarnain IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1341

Keywords:

nilai, Pendidikan Karakter, Pembinaan Moral

Abstract

Pendidikan karakter dan pembinaan moral merupakan elemen krusial dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan bermoral. Melalui pendidikan karakter dan pembinaan moral di sekolah, peserta didik dapat berubah lebih baik pada kepribadianya. Hal ini menjadi landasan penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang memegang teguh keadilan, mencetak generasi cerdas, berakhlak mulia dan memegang teguh ideologi pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana menanamkan nilai-nilai karakter dan moral pada anak remaja di lingkungan sekolah, serta hambatan dalam penanaman nilai tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data dari berbagai studi pustaka baik artikel jurnal maupun buku. Selain itu juga berasal dari hasil observasi dan wawancara dengan guru MTs Darul Amin Palangka Raya serta siswa di sekolah tersebut. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai cara menanamkan nilai-nilai  karakter pada peserta didik yaitu di MTs Darul Amin Palangka Raya sendiri, guru menanamkan nilai-nilai kepada peserta didik melalui pembiasaan seperti memberi salam dan mencium tangan ketika bertemu dengan guru, menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, berpakaian rapi, datang lebih awal, bersikap sopan dan ramah, serta menyediakan tempat untuk peserta didik mengembangkan karakter dan moralnya melalui kegiatan ekstrakulikuler. Contohnya seperti pramuka, PMR, public speaking, paskibraka, pencak silat, rekayasa sains, tilawah, dan futsal. Dari pembiasaan dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler inilah, peserta didik dapat menjadi pribadi yang berkarakter, dan bermoral sebagai generasi masa depan bangsa Indonesia.

References

Anatasya, E., Rafifah, T., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3), 6063–6072. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1372

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 330. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A. (2022). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 004 PULAU TERAP KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), Juni 2022 Volume 10, No 1, 10(1).

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689

Iskandar, S. (2022). Pentingnya Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila Bagi Generasi Muda dalam Mengatasi Degradasi Moral. Jurnal Pembumian Pancasila, 2(2), 104–112. https://jurnalpembumianpancasila.id/index.php/jpp/article/view/36

Listari, L. (2021). Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral Oleh Keluarga Dan Sekolah). Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(1), 7. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46320

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247–9258. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2455%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2455/2140

Nahdiyah, A., Hanief, M., & Musthofa, I. (2021). Implementasi Budaya Religius Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Smp Islam As-Shodiq Bululawang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 129–136.

Ningsih, R., Hardiyansyah, M. R., Nugraha, M. A., Nurasiah, N., & Azis, A. (2023). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Untuk Mengatasi Krisis Moral Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. Education & Learning, 3(2), 20–25. https://doi.org/10.57251/el.v3i2.1033

Pebriana, P. H., Hasanah, S., & Amalia, N. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Permana, U., Maulana, D., Siti Mariyazni, N., Tinggi Ilmu Kesehatan Ypib Majalengka, S., Kunci, K., & Pancasila, N. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembinaan Moral Remaja. JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA VOL2 SPECIAL ISSUE 1 2022, 2(1), 155–161.

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Rifai, R. (2021). Hubungan Tingkat Religiusitas terhadap Kecemasan Moral dan Alternatif Pembinaan Moral pada Kenakalan Siswa. Jurnal Teologi Gracia Deo, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v3i2.63

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Wann. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(1), 10–14.

Setiawan, A., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU MORAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 10 Nomor 01, Maret 2024, 10, 1949–1962.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan, xx(xx), 8.

Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 Namlea. Jurnal Pedagogy, 7(2), 81–90. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/608

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Saufi, A. ., Syamsudin, D. ., Arifin, G. M. B. ., Zaini, M. ., Efendi, R. N. ., & Zulkarnain, A. I. . (2024). MENANAMKAN NILAI-NILAI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBINAAN MORAL DI LINGKUNGAN MTS DARUL AMIN PALANGKA RAYA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(03), 80–85. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i03.1341

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.