FENOMENA IMPULSE BUYING: KEKUATAN LIVE STREAMING, PRICE DISCOUNT, DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER PADA PENGGUNA TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1422Keywords:
Live Streaming, Price Discount, Social Media Influencer, Impulse BuyingAbstract
Fenomena impulsive buying atau pembelian impulsif merupakan perilaku konsumen yang membeli produk secara tiba-tiba tanpa perencanaan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Live Streaming, Price Discount, dan Social Media Influencer terhadap perilaku pembelian Impulse Buying pada pengguna TikTok di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kausal untuk mengidentifikasi hubungan sebab-akibat antara variabel dependen dan independen. Populasinya adalah pengguna TikTok Shop di Jakarta, dengan sampel dipilih secara purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Sampel berjumlah 150 responden, yang memenuhi syarat minimal kecukupan sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Live Streaming, Price Discount, dan Social Media Influencer masing-masing berpengaruh terhadap Impulse Buying pada pengguna TikTok di Jakarta. Selain itu, ketiga variabel ini juga berpengaruh secara bersama-sama terhadap Impulse Buying pada pengguna TikTok di Jakarta.
References
Wahab, Z., Shihab, S.Muchsin, Hanafi, Agustina,. dan MH Febria. 2018. Pengaruh Motivasi Belanja Online dan Product Browsing Terhadap Pembelian Impulsif Produk Fashion pada Social Commerce. Jurnal Manajemen Motivasi.
Freberg, KG Kristin, McGaughey, dan Karen. 2011. Siapakah Influencer Media Sosial? Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Kepribadian. Review Jurnal Humas 37 : 90-92.
Nastiti, R., & Nugroho, E. S. (2020). The Effect Of Flash Sale And Discount Towards Impulsive Buying ( Study On Shopee Users ). 22(4), 1–8.
Aragoncillo, L., & Orús, C. (2018). Impulse buying behaviour: An online-offline comparative and the impact of social media. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(1), 42–62. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2018-007.
Lin, S. C., Tseng, H. T., Shirazi, F., Hajli, N., & Tsai, P. T. (2022). Exploring factors influencing impulse buying in live streaming shopping: a stimulus-organism-response (SOR) perspective. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics. https://doi.org/10.1108/APJML-12-2021-0903.
Sopiyan, K. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3).
Putri, R. C. F., & Artanti, Y. (2022). Pembelian Impulsif Pada Marketplace: Pengaruh Personality, Price Discount Dan Media Sosial. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 509–522. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.59
Elisha, F. A. (2021). Pengaruh Price Discount dan in-Store Display terhadap Impulsive Buying pada Konsumen Minimarket Berkah Mart Kota Pekanbaru. Skripsi, Universitasi Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Program Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial , Riau
Herviani, V., Prasetyo, H., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, EWom, Dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding Biema, 1(1), 60–74.
Wang, X. (2017). Streaming langsung dari perspektif komunikasi. Visual, 2017(9).
Mike. (2016). Permintaan inti dari E-Commerce streaming langsung: cara menggabungkan mode streaming langsung secara efektif dan atribut E-niaga.
Puspitasari, A. V., & Kusuma, Y. B. (2024). Pengaruh Korean Wave, Live Streaming, dan Flash Sale Terhadap Minat Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Konsumen Produk Pemutih Scarlett di Media Sosial TikTok). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 3231-3241.
Merritt, K., & Zhao, S. (2022). The power of live stream commerce: A case study of how live stream commerce can be utilised in the traditional British retailing sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(2), 71.
Leong, T. K., Meng, T. P., & Alex, T. Y. J. (2022). Impulse Buying in Live Stream Based on the Stimulus-Organism-Response Framework. Jurnal Pengurusan, 66.
Lee, C. H., & Chen, C. W. (2021). Impulse buying behaviors in live streaming commerce based on the stimulus-organism-response framework. Information, 12(6), 241.
Yassin, C. A. A. H. (2019). Understanding Impulse Buying Behaviour : The Role of Promotions , Emotions and Cognitive Dissonance (Issue April)
Noor, Z. Z. (2020). The Effect of Price Discount and in-Store Display on Impulse Buying. Sosiohumaniora, 22(2), 133–139. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.26720
Karim, N. U., Nisa, N. un, & Imam, S. S. (2021). Investigating the Factors that Impact Online Shopping and Sales Promotion on Consumer’s Impulse Buying Behavior: A Genderbased Comparative Study in the UAE. International Journal of Business and Administrative Studies, 7(3), 14–26. https://doi.org/10.20469/ijbas.7.10002-3
Lim, X. J., Radzol, A. M., Cheah, J., & Wong, M. W. (2017). The impact of social media influencers on purchase intention and the mediation effect of customer attitude. Asian journal of business research, 7(2), 19-36.
Ratnawati, R., & Natalia, F. (2021). Penerapan Algoritma C4.5 pada Pengaruh Iklan Tanpa Label Harga di Instagram. Sistemasi, 10(1), 172. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.1131
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.