STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI HUMAS POLRES METRO JAKARTA SELATAN DALAM MEMBERIKAN KEPERCAYAAN PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @polisijaksel

Authors

  • Dimas Dwi Rahardiansyah Universitas Gunadarma
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1497

Keywords:

Communication Strategies, Public Relations, Social Media

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Humas Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberikan kepercayaan publik melalui Instagram @Polisijaksel. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi komunikasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan metodologi studi kasus dengan cara wawancara serta turun langsung ke lapangan sebagai pengumpulan data primer metode. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dalam mengetahui pemasalahan yang terjadi. Teori yang digunakan adalah Media Ritchness Theory dan teori Humas dengan konsep Four Steps Of Publik dan konsep Push Pull Pass. Hasil penelitian adalah Humas Polres Metro Jakarta Selatan melengkapi 4 syarat dalam teori kekayaan media, menyusun konten dengan strategi komunikasi konsep Four Steps Of Public dan pelaksanaan menggunakan konsep Push Pull dan Pass. Sehingga strategi komunikasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberikan kepercayaan publik dapat terealisasikan dan informasi yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat

References

Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamajaya (2007) Ensiklopedia Sains dan Teknologi.(page 576) Ganeca Exact

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Tarone, Elaine. (1981). “Some Thoughts on the Notion of Communication Strategy” in TESOL Quarterly. Vol. 15, No.3.

BNET Business Dictionary. (2008). Retrieved from BNET Business

Ahmad Setiadi (2015). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. AMIK BSI Karawang

Suryadharma, B., & Susanto, T. D. (2017). Faktor Penerimaan Media Sosial Instansi Pemerintah di Indonesia. Information Technology

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Rahardiansyah , D. D. ., & Hartanto , E. . (2024). STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI HUMAS POLRES METRO JAKARTA SELATAN DALAM MEMBERIKAN KEPERCAYAAN PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @polisijaksel. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(02), 60–66. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1497

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.