STRATEGI KOMUNIKASI DIVISI HUMAS POLRES METRO JAKARTA SELATAN DALAM MEMBERIKAN KEPERCAYAAN PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @polisijaksel
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i02.1497Keywords:
Communication Strategies, Public Relations, Social MediaAbstract
Penelitian ini berfokus pada Humas Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberikan kepercayaan publik melalui Instagram @Polisijaksel. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi komunikasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan metodologi studi kasus dengan cara wawancara serta turun langsung ke lapangan sebagai pengumpulan data primer metode. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dalam mengetahui pemasalahan yang terjadi. Teori yang digunakan adalah Media Ritchness Theory dan teori Humas dengan konsep Four Steps Of Publik dan konsep Push Pull Pass. Hasil penelitian adalah Humas Polres Metro Jakarta Selatan melengkapi 4 syarat dalam teori kekayaan media, menyusun konten dengan strategi komunikasi konsep Four Steps Of Public dan pelaksanaan menggunakan konsep Push Pull dan Pass. Sehingga strategi komunikasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan dalam memberikan kepercayaan publik dapat terealisasikan dan informasi yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat
References
Effendy, Onong Uchjana. (2008). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamajaya (2007) Ensiklopedia Sains dan Teknologi.(page 576) Ganeca Exact
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Tarone, Elaine. (1981). “Some Thoughts on the Notion of Communication Strategy” in TESOL Quarterly. Vol. 15, No.3.
BNET Business Dictionary. (2008). Retrieved from BNET Business
Ahmad Setiadi (2015). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. AMIK BSI Karawang
Suryadharma, B., & Susanto, T. D. (2017). Faktor Penerimaan Media Sosial Instansi Pemerintah di Indonesia. Information Technology