PERBEDAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KETERBUKAAN DIRI SISWA MELALUI DARING DAN LURING PADA SEKOLAH DASAR DI BEKASI

Authors

  • Khansa Dhearani Gunadarma University
  • Eko Hartanto Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.599

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Keterbukaan Diri, Daring, Luring, Sekolah Dasar, Siswa

Abstract

Komunikasi yang baik antara guru dan siswa merupakan hal yang sangat penting untuk keterbukaan diri siswa. Penelitian ini di latarbelakangi oleh Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa pada saat pembelajaran daring dan luring yang menyebabkan siswa tidak terbuka kepada gurunya tentang apa yang dirasakan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Self Disclosure dengan metode pendekatan kuantitatif dan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan komunikasi interpersonal berdasarkan daring dan luring pada SDN Jatimekar 6 Bekasi. Berdasarkan hasil analisis uji beda menggunakan SPSS 25, dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbandingan komunikasi interpersonal pada pembelajaran daring dan luring di SDN Jatimekar 6 Bekasi. Hal ini diperkuat pada kuesioner “saya akan menjelaskan diri saya secara apa adanya” dimana pada pernyataan pembelajaran daring tersebut memikiki angka mean 3,07 atau dapat dikategorikan “baik” dan pada pembelajaran luring memiliki angka mean sebesar 3,45 atau dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa siswa SDN Jatimekar 6 Bekasi akan bersedia terbuka secara apa adanya baik pada pembelajaran daring maupun luring.

References

DeVito, J. A. (1986). The Interpersonal Communication Book. Fifth Edition.Harper Collins Publisher, Inc.

(2011). Komunikasi Antarmanusia. Karisma Publishing Group.

(2013). The Interpersonal Communication Book 13th Edition. United States of America: Pearson Education.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi RdD. Bandung: Alfabeta

.(2005). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suranto, A. W. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.

Zeyada, M. (2018). Organizational Culture And Its Impact On Organizational Citizenship Behavior. International Journal Of Academic Research In Business

And Social Sciences. E- ISSN: 2222-6990. Vol. 8, No.3, March 2018. Doi: 10.6

Downloads

Published

2023-05-16

How to Cite

Dhearani, K. ., & Hartanto, E. . (2023). PERBEDAAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KETERBUKAAN DIRI SISWA MELALUI DARING DAN LURING PADA SEKOLAH DASAR DI BEKASI. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(03), 160–163. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.599

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.