CURRICULUM DESIGN AND DEVELOPMENT IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.812Keywords:
kurikulum desain, pengembangan kurikulum, kurikulum dalam pengajaran bahasa inggrisAbstract
Merancang kurikulum bahasa Inggris adalah tentang menciptakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum yang memenuhi kebutuhan spesifik siswa. Ini adalah proses yang fleksibel, berkembang dari waktu ke waktu dan dibentuk oleh kebutuhan siswa, kontribusi kolektif, dan pengalaman masa lalu. Desain kurikulum tidak lagi merupakan pendekatan satu ukuran untuk semua, dan guru sekarang memiliki kebebasan untuk merancang program yang memenuhi kebutuhan spesifik siswa mereka. Para guru bekerja sama untuk mengembangkan program yang memenuhi kebutuhan siswa mereka. Tujuannya adalah untuk merancang program yang memenuhi kebutuhan siswa, bukan guru, dan guru sekarang memiliki akses ke banyak penelitian tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa yang dapat menginformasikan pengembangan kurikulum. Melalui kombinasi penelitian mendalam dan praktik mutakhir, desain kurikulum sekarang digunakan secara luas dalam kursus bahasa ESL/EFL di seluruh dunia. Dalam desain kurikulum, sekarang ada lebih banyak penekanan pada pengembangan model dari waktu ke waktu, dan guru sekarang lebih fokus pada desain kurikulum yang membangun pengetahuan dan keterampilan siswa dari waktu ke waktu, daripada hanya melibatkan siswa dalam kegiatan. Desain kurikulum merupakan bagian penting dalam pengajaran bahasa Inggris karena secara langsung berdampak pada proses belajar mengajar dan mempengaruhi keberhasilan siswa.
References
Cumming, A. (2009). Language assessment in education: Tests, curricula, and teaching. Annual Review of Applied Linguistics, 29, 90–100.
Farrell, T. S. C. (2004). Reflective practice in action: 80 reflection breaks for busy teachers. Thousand Oaks, CA: Corwin.
Farrell, T. S. C. (2013). Reflective teaching.
David prideaux (2003). curicullum design. Bmj 326 (7383), 268-270.
John Macalister (2019). Language curicullum design. IS Nation Paul, Roudledge.
McKimm Judy (2007). Curicullum design and development. Medical Education, 1-23.
Mohanasundaran M (2018). Curicullum design and development: journal of applied and advanced research 3 (1), 4-6.
Richards, C jack (2001). Curicullum develpoment in language teaching. cambridge universitty press.
Thijs, Anneth. And, Akker, Den Van Jan (2009). Curicullum in debelopment. Netherlands: Institute for development (SLO).
Connely, F michele (1972). The function of curicullum development. Interchange 3 2-3), 161-177.
Grant, Janeth (2018). Participless of curicullum design. Understanding medical education: evidence, theory, and practice, 71-88.
Rowland, gordon (1993). Designing and intructional design. Edicational technology research and development 41 (1), 79-91.
Reigeluth, M charles (1983). Instructinal design: why is it and what is it. Instructional-design theories and models : overview of their current status 1.
Akbari, ramin. Behzadpoor, foad. And, Dadvand, babak (2010). Development of engkish language teaching reflection inventory. System 38 (2), 211-227.
Hall, graham (2017). Exploring english language teaching: Language in teaching. Roudledge.
Linse, caroline. And, Nunan, david (2005). Practical english language teaching . New york, 24.