MAJOR STEPS IN CURICULUM MERDEKA DESIGN FOR LEARNING ENGLISH
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.810Keywords:
desain kurikulum merdeka, pembelajaran Bahasa Inggris, pendekatan pembelajaran, library researchAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah utama yang terlibat dalam desain kurikulum merdeka untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Metodologi penelitian yang digunakan adalah library research, yang melibatkan analisis dan sintesis data yang dikumpulkan dari sumber-sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen-dokumen lainnya. Penelitian ini menggunakan kata kunci yang relevan seperti "desain kurikulum merdeka," "pembelajaran Bahasa Inggris," dan "pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris" dalam pencarian sumber-sumber yang relevan.Langkah-langkah penelitian meliputi identifikasi tujuan penelitian, pencarian sumber-sumber yang relevan melalui basis data, perpustakaan online, dan situs web akademik, serta penyaringan sumber-sumber berdasarkan relevansi dan kualitasnya. Sumber-sumber yang dipilih kemudian dibaca dan dianalisis secara cermat untuk mengidentifikasi tema, temuan, atau pendekatan yang berkaitan dengan desain kurikulum merdeka untuk pembelajaran Bahasa Inggris.Data yang dikumpulkan dari sumber-sumber tersebut kemudian disintesis untuk mengidentifikasi kesamaan, perbedaan, atau pola yang muncul dalam desain kurikulum merdeka untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Laporan penelitian disusun dengan menyajikan langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian kualitatif library research serta temuan-temuan yang relevan.Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang langkah-langkah utama dalam desain kurikulum merdeka untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini juga mendorong evaluasi kritis terhadap sumber-sumber yang digunakan dan pemilihan metodologi penelitian kualitatif library research yang diterapkan. Hasil penelitian ini dapat menjadi kontribusi penting dalam pengembangan kurikulum merdeka yang efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris dalam konteks pendidikan saat ini.
References
Kusno, Hendra Sanjaya, and Dahyang Ika Leni Wijayani. 2021. "Analisis desain pengembangan kurikulum." AKUNTABEL 18.4, 635-641.
Lince, Leny. "Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan." Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, Vol. 1. 2022.
Ardianti, Yekti, and Nur Amalia. "Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar." Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6.3 (2022).
Suryaman, Maman. "Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar." Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2020.
Yurnalis, Beniario. "KONVERGENSI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN TANTANGAN KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN." Inovasi Pendidikan; 9.1 (2022).
Izza, Aini Zulfa, Mufti Falah, and Siska Susilawati. 2020. "Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar." Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.
Al-Asmahi, Muhammad Ilwan, et al. 2022. "Pengembangan Desain Pesan Podcast Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris." Jurnal Literasi Digital 2.2, 85-95.
Suttrisno, Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, and Dewi Niswatul Fithriyah. "Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar." ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 3.1 (2022): 52-60.
Suttrisno, Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, and Dewi Niswatul Fithriyah. "Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar." ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3.1 (2022): 52-60.
Adisti, Aprilian Ria, et al. "Pengembangan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dalam Menyambut Kurikulum Merdeka." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). Vol. 5. No. 1. 2022.
Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, and Shinta Prima Rosdiana. "Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21." Sanskara Pendidikan dan Pengajaran 1.02 (2023): 56-67.
Kusno, Hendra Sanjaya, and Dahyang Ika Leni Wijayani. "Analisis desain pengembangan kurikulum." AKUNTABEL 18.4 (2021): 635-641.
Nasik, Khoirun. "Model Pembelajaran Mata Kuliah Keislaman Berbasis Masalah Komunitas Yang Terintegrasi Sebagai Langkah Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM)." Madinah: Jurnal Studi Islam 6.2 (2019): 128-139.
Suryaman, Maman. "Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar." Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra. 2020.
Susanto, Fajar, et al. "STRATEGI PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PETA KONSEP DALAM KURIKULUM MERDEKA." Kanigara 2.2 (2022): 351-363.
Sadli, Muhamad, and Baiq Arnika Saadati. "Analisis Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 2 Batujai)." Jurnal Ilmiah Mandala Education 9.2 (2023).
Fadhil, Muhammad. "ANALISIS MERDEKA BELAJAR ALA KETAMANSISWAAN (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) PADA PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR BAHASA INGRIS (K13) DI KELAS XI MAN 1 YOGYAKARTA." (2020).
Nurvrita, Ardya Setya. "Otonomi Pembelajaran Bahasa Inggris Kampus Merdeka–Merdeka Belajar." JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 20.2 (2020): 107-126.
Nurvrita, Ardya Setya. "Otonomi Pembelajaran Bahasa Inggris Kampus Merdeka–Merdeka Belajar." JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 20.2 (2020): 107-126.
Junaidi, Ahmad. "Kurikulum Merdeka: Ide untuk Sekolah-Sekolah Indonesia di Dunia Pasca Pandemi." Jurnal Universitas Mataram (2021).
Trinova, Zulvia, and Hidayat Al Azmi. "ESP and merdeka belajar in islamic higher education english learning." International Conference Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Redwhite Press, 2020.
Fahlevi, Mahfudz Reza. "Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka." Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5.2 (2022): 230-249.
Sahara, Winda, Endang Wuryandini, and Ngurah Ayu Nyoman Murniati. "Pengembangan Model Penguatan Kompetensi Berbahasa Inggris Berbicara Berbasis Habituasi Sekolah Menengah Kejuruan." JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6.2 (2023): 1232-1241.
Astari, Tri. "Pengembangan Buku Teks dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar." Madako Elementary School 1.2 (2022): 163-175.
Masfufah, Ria Ayu, et al. "MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA." Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA). Vol. 2. 2022.
Ismail, Nyak Mutia, and Marisa Yoestara. "MENDESAIN MATERI AJAR BERBASIS KETERPUSATAN PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING." Prosiding Seminar Nasional USM. Vol. 3. No. 1. 2022.
Safaringga, Vina, Willyani Dwi Lestari, and Ani Nur Aeni. "Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar." Jurnal Basicedu 6.3 (2022): 3514-3525.