APLIKASI PENJUALAN HOODIE & CREWNECK PADA TOKO THRIFT OVERMOON BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BOOTSTRAP, PHP DAN MYSQL
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.237Keywords:
Aplikasi Penjualan, SDLC, WebsiteAbstract
Aplikasi penjualan Thrift Overmoon merupakan aplikasi penjualan toko thrift hoodie dan crewneck berbasis website. Toko ini merupakan usaha yang baru ingin dijalankan di mana memiliki masalah untuk melakukan penjualan dalam transaksi jual beli. Karena itu tujuan dari penulisan ini adalah membangun website Thrift Overmoon untuk mempermudah konsumen melakukan pembelian, mempermudah toko dalam melakukan pemasaran/marketing dan memberikan informasi yang lebih detail terkait hoodie dan crewneck, dan memudahkan toko untuk melakukan pemberkasan data pada setiap pembelian. Dalam penulisan ini, untuk membuat aplikasi menggunakan metode penelitian SDLC (System Development Life Cycle) meliputi perencanaan yang akan dilakukan, menganalisis yang akan digunakan, perancangan pada website, implementasi yang diterapkan pada aplikasi, menguji coba aplikasi menggunakan metode blackbox testing. Pada pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai database, dan Bootstrap. Pada tahap akhir adalah implementasi dan uji coba. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba, website ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menggunakan metode pengujian black box yang dapat diakses melalui https://overmoon.my.id/.
References
Adri, M. (2018). Boostrap 4 Designing Awesome Responsive Website. Yogyakarta: ANDI.
Anonim. (2016). Pemrograman PHP dan MYSQL untuk Pemula. Yogyakarta: ANDI.
Elizabet Yunaeti Anggraeni, M. G. (2012). E-Business & E-Commerce. indramayu: CV. Adanu Abimata.
Harits Ar Rosyid, S. P. (2021). GAME DEVELOPMENT. Malang: Ahlimedia Press.
Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezhe Pontianak). Khatulistiwa Informatika, 108.
Hendri, U. R. (2021). Uml Powered Design System Using Visul Paradigma.
Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Kasmi, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan
Khas Pringsewu. Aktual Stie Trisna Negara, 111.
Mulyani, S. (2016). Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika. Nasril, A. Y. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Ujian Online.
Lentera Ict, 49.
Priyanto Hidayatullah, J. K. (2017). Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung.
Putra, H. N. (2018). Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap Pada Puskesmas Lubuk Buaya. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 70.
Rahmi Roza, M. N. (2020). Buku Tutorial Sistem Informasi Prediksi Jumlah Pelanggan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Reni Maharani, M. A. (2017). Sistem Informasi Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sma Negeri 19 Kab. Tangerang. Ipsikom, 7-9.
Roni Habibi, R. A. (2020). Tutorial Dan Penjelasan Aplikasi E-Office Berbasis Web Menggunakan Rad. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.
Sa'ad, M. I. (2020). Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo.
Salamah, U. G. (2021). Tutorial Visual Studio Code. Tangerang: Media Sains Indonesia.
Suendri. (2018). Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: Uin Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2-3.
Yusfita Yusuf, R. S. (2020). Call For Book Tema 3(Media Pembelajaran). Surabaya:
Cv. Jakad Media Publishing.