PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MESIN POMPA AIR SUBMERSIBLE DAB DECKER DI CV. CITRA NAULI ELECTRICSINDO PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mesin pompa air di CV.Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah 128 orang dan sampelnya adalah 57 orang menggunakan metode sensus. Teknis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, pengujian hipotesis dan pengujian determinasi dengan menggunakan SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian mesin pompa air di CV.Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Dan harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian mesin pompa air di CV.Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk dan harga secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian mesin pompa air di CV.Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Bedasarkan koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa pengaruh variabel bebas (kualitas produk dan harga) berpengaruh terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Hasil penelitian bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,714 atau 71,4%, sedangkan sisanya 28,6% di pengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.
References
Referensi Cetak:
Assauri, S. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015,pp.90-362
Kotler Philip dan Amstrong Gary. Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga, 2012, page.278.
Sunyoto, Danang. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (APS). 2013.page.82
Daryanto. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.2013. page. 62.
Fahmi Irham. Perilaku Konsumen. CV.Alfabeta : Bandung. 2016.page.57
Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.2016.page.82
Kotler, P. & Keller, K.L. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.2016.page.183
Malau, Harman. Manajemen Pemasaran..Bandung:CV.Alfabeta. 2017.page.171
Malau, Harman. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global.Bandung: CV.Alfabeta.2018.page.125
Peter dan Olson.Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani.Jakarta: Salemba Empat.2013.page.165
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran, Edisi 4.Yogyakarta: Andi Offset.2015.page.151
Tjiptono, Fandy. Kepuasan Pelanggan – Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta: Andi Offset. 2019.pp.21-136
Tjiptono, Fandy. 2020.Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.2020.pp.21-125
Jurnal:
Agus Dwi Cahya, Ummi Sangidah dan Danda Rukmana 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Toko Azam di Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, Yogyakarta, Indonesia, Jurnal Mirai Manajemen Vol.6, No.1 (2022), pages 70-82, ISSN : 2597-4084 Published By STIE Amkop Makasar.
Friani Gloria Igir, Jhony R.E Tampi dan Henny Taroreh 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up, Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis, Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 Tahun 2018.
Nurmin Arianto dan Giovanni.2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian, Universitas Pamulang, Jurnal Pemasaran, Vol.3 No.2 2020 ISSN N0. (PRINT) 2598-0823, (Online) 2598-2893.
Rosita dan Inne Satyawisudarini 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Langlangbuana, Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana) Vol.1 No.3/ Desember 2017.