PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOTOR HONDA PADA PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI PAREPARE

Authors

  • Ulfa Natsir Institut Sosial dan Bisnis Andi Sapada
  • Anastasia D’ornay Institut Sosial dan Bisnis Andi Sapada

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.275

Keywords:

bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kepuasan konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen motor Honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri Parepare. (2). Untuk mengetahui pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen motor Honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bukti fisik (X1) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = (-0,221) dengan nilai signifikansi sebesar 0,826 > 0,05. (2). Kehandalan (X2) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = (-0,530) dengan nilai signifikansi sebesar 0,598 > 0,05. (3). Daya Tanggap (X3) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 5,974 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. (4). Jaminan (X4) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 0,223 dengan nilai signifikansi sebesar 0,824 > 0,05. (5). Empati (X5) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 0,675 dengan nilai signifikansi sebesar 0,502 > 0,05. (6). bukti fisik, kehandalan, Daya Tanggap, jaminan  dan empati berpengaruh positif dan signifikan (0,000<0,05) secara simultan terhadap terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis nilai R Square (R2) tersebut adalah 0,594 atau sebesar 59,4 % sedangkan sisanya sebesar 41,6 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

References

Alma, Buchari.2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Assauri Sofjan, (2015), Manajemen Pemasaran, Cetakan ke-14, Jakarta : Rajawali Pers.

Bakhtiar Tijjang, 2018 Konsep Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen (kasus pada mahasiswa). Pameungpeuk Bandung

Korler Philip & A.B. Susanto, 1994. Manajemen Pemasaran. Analisis. Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Lovelock, Christopher H. Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Indeks. Jakarta.

Lupyodi, Rambatdan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi. 2016. Pemasaran, Esesnsi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi

Aryani Etty Roswita (2013) Jurnal, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukarharjo” Jawa Tengah.

Aryaduta (2014) Jurnal “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda Pada PT.Daya Adicipta Wisesa Maumbi Manado, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)-Manado

Wildan Sulaksana. 2017. Jurnal, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogjakarta. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Natsir, U., & D’ornay, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOTOR HONDA PADA PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI PAREPARE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 29–38. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.275

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.