PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOTOR HONDA PADA PT. DAYA ANUGRAH MANDIRI PAREPARE
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.275Keywords:
bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kepuasan konsumenAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu (1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen motor Honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri Parepare. (2). Untuk mengetahui pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen motor Honda pada PT. Daya Anugrah Mandiri Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bukti fisik (X1) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = (-0,221) dengan nilai signifikansi sebesar 0,826 > 0,05. (2). Kehandalan (X2) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = (-0,530) dengan nilai signifikansi sebesar 0,598 > 0,05. (3). Daya Tanggap (X3) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 5,974 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. (4). Jaminan (X4) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 0,223 dengan nilai signifikansi sebesar 0,824 > 0,05. (5). Empati (X5) Hasil pengujian menunjukkan nilai t = 0,675 dengan nilai signifikansi sebesar 0,502 > 0,05. (6). bukti fisik, kehandalan, Daya Tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan (0,000<0,05) secara simultan terhadap terhadap kepuasan konsumen. Hasil analisis nilai R Square (R2) tersebut adalah 0,594 atau sebesar 59,4 % sedangkan sisanya sebesar 41,6 % dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
References
Alma, Buchari.2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Assauri Sofjan, (2015), Manajemen Pemasaran, Cetakan ke-14, Jakarta : Rajawali Pers.
Bakhtiar Tijjang, 2018 Konsep Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen (kasus pada mahasiswa). Pameungpeuk Bandung
Korler Philip & A.B. Susanto, 1994. Manajemen Pemasaran. Analisis. Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.
Lovelock, Christopher H. Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Indeks. Jakarta.
Lupyodi, Rambatdan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi. 2016. Pemasaran, Esesnsi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi
Aryani Etty Roswita (2013) Jurnal, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukarharjo” Jawa Tengah.
Aryaduta (2014) Jurnal “ Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda Pada PT.Daya Adicipta Wisesa Maumbi Manado, Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)-Manado
Wildan Sulaksana. 2017. Jurnal, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogjakarta. Yogyakarta.