PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Grace Adinda Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Srinatalia Silaen Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.309

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Uji Kelayakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-Modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi Ekosistem sebagai media bahan ajar dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan E-Modul interaktif berbasis Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan sampel dengan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X PMIA berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian dalam pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Wawancara dilakukan bersama dengan guru biologi, angket terdiri dari angket kelayakan E-Modul berdasarkan BSNP yang diberikan kepada validator ahli, dan angket respon peserta didik menurut BSNP yang diberikan kepada peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : (1) hasil kelayakan  E-Modul dengan skala likert memperoleh persentase sebesar 88,22 % dengan kategori sangat layak digunakan oleh peserta didik sebagai sumber belajar. (2) hasil respon peserta didik terhadap E-Modul interaktif berbasis Discovery Learning memperoleh persentase sebesar 92,8 % dan masuk kedalam kategori sangat baik.

Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Uji Kelayakan

References

Arends, R. I. and K. (2015). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge.

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216

Hastiningrum, D., & Haryanto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Biologi Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Klaten. Journal of Educational Evaluation Studies …, 1(3), 202–213. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JEES/article/view/11089

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional “ Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII .” 6(2), 338–345.

Lumbantobing, M. A., Munadi, S., & Wijanarka, B. S. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif untuk Discovery Learning pada Pembelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i1.24275

Oktavia, B., Zainul, R., Guspatni, & Putra, A. (2018). Pengenalan dan pengembangan e-Modul bagi guru-guru anggota MGMP kimia dan biologi Kota Padang Panjang. INA-Rxiv, 1–9.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Prihatiningtyas, S., Tijanuddarori, M. W., & Sholihah, F. N. (2021). Media Interaktif e-Modul Biologi Materi Virus Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring di MAN 3 Jombang. Journal of Education and Management Studies, 4(3), 1–8. https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9880

Rodiawati, H., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan E-Learning Melalui Modul Interaktif Berbasis Learning Content Development System. Jurnal Tatsqif, 16(2), 172–185. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.190

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sujadi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Widiastutik, H. J., & Rudyatmi, E. (2021). Pengembangan E-Modul Struktur Jaringan Tumbuhan Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Semnas Biologi Ke-9 Tahun 2021, 127–132. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/semnasbiologi/article/download/771/680

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Silalahi, G. A., Silalahi, M. V., & Silaen, S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANGSIANTAR. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 08–14. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.309

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.