UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 173425 SIMANULLANG TOBA

Authors

  • Casma Kristina Pane Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.323

Keywords:

Hasil Belajar , Matematika, Metode Demostrasi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 173425 Simanullang Toba Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan dalam pembelajaran materi Pengurangan Bilangan Bulat. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar mengenai materi Pengurangan Bilangan Bulat dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika materi Pengurangan Bilangan Bulat di kelas IV (Empat) dengan jumlah peserta didik 20 orang peserta didik yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2022 dan 12 November 2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar terhadap materi pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus peserta didik dimana pada Prasiklus nilai rata-rata kelas 68,5, dan pada siklus I naik menjadi 75,0 serta pada siklus II nilai rata-rata kelas naik lagi menjadi 82,0. Jadi penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV (Empat) SD Negeri 173425 Simanullang Toba Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan.

References

A,H. Fathani. Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar-ruzz Media Group, 2017, pp 35-50.

Anitah W, Sri, dkk. Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka, 2017, pp 5.25-5.27

Arsad, B., Musmuliadi, N., & Palennari, M. Pembelajaran Efektif: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 2017 20, 2.

Asni. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2017 1, 1.

Heruman. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008, pp 15-67

Kurnia, Ingridwati, dkk. 2007. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2008, pp 56-57.

Slavin (1994: 152) dalam Anni dkk (2007: 2) model dan metode pembelajaran. Jakarta

Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya, 2018.

Sugandi, Achmad, dkk. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES, 2010, pp 20-24

Yusfy. 2011. Pengertian Aktivitas Belajar. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2241185-pengertian-aktivitas-belajar/.[diunduh tanggal 06/11/22].

Yusuf, B. (2017 - 2018, Oktober - maret). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajran dan Keilmuan, 1, 2.

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Kristina Pane, C. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 173425 SIMANULLANG TOBA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 38–44. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.323

Similar Articles

<< < 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.