DIGITAL OPINION #PUANADALAHHARAPAN DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

Authors

  • Rino Rinaldo Universitas Gunadarma
  • Anggun Puspita Sari Universitas Gunadarma
  • Elvia Fardiana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.407

Keywords:

Digital Opinion, Social Network Analysis, Netlytic, Gephi, Puan adalah harapan, Puan, Twitter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan jaringan opini digital dalam #PuanAdalahHarapan di media sosial Twitter menggunakan Social Network Analysis. Penelitian ini menggunakan Teori Khalayak Kepala Batu yang berasumsi bahwa khalayak justru aktif di dalam proses komunikasi politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan Social Network Analysis dengan model Netlytic dan Gephi. Populasi yang digunakan ialah pengguna Twitter aktif dengan total sampel 2500 yang ter-recall oleh Netlytic. Hasil penelitian yang terdapat dalam Netlytic ditemukan adanya 5 Cluster besar yaitu Bersamapuan, Denmassojo, Riffandz, Ganjarpranowo, dan Nyailara. Hasil analisa pada Gephi ditemukan Betweenness Centrality pada akun edhywidodo yang menjadi penghubung paling kuat dalam pendistribusian informasi pada #PuanAdalahHarapan yaitu sebesar 7.1, Closeness Centrality mencapai hasil 60 aktor yang memiliki tingkat kedekatan dengan aktor lainnya. Eigenvector Centrality mencapai nilai sempurna 1.0 pada akun dpr_ri dan pdi_perjuangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media sosial dapat digunakan sebagai wadah untuk menyampaikan opini mengenai isu politik di Twitter.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badri, Muhammad. 2011. Corporate Marketing and Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Barisione, M., & Ceron, A. 2017. A Digital Movement of Opinion? Contesting Austerity Through Social Media. In M. Barisione & A. Michailidou (Eds.), Social Media and European Politics.

Bastian M, Heyman S, Jacomy M. 2009. Gephi: an open source software for exploringand and manipulatif networks. Di dalam: Internationl AAAI Conference on Weblogs and Social Media; 2009 Jul 07.

Cann, A., Dimitriou, K. & Hooley, T. 2011. Social Media: A Guide for Researchers. London: Research Information Network.

Dailey, Patrick R. 2009. “Social Media: Finding Its Way into Your Businnes Strategy and Culture. Burlington, Linkage”

Effendy, O. 2005. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2014. Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada.

Jacomy M, Venturini T, Heymann S, Bastian M.2014. ForceAtlas2, a Continuous Graph Layout Algorithm for Handy Network Visualization Designed for the GephiSoftware. PLoS ONE 9(6): e98679.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Sumber Jurnal :

Eriyanto. 2019. Hastags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hastags. Jurnal Komunikasi Indonesia.

Gunawibawa, E. Y., & Oktiani, H. 2020. Politik & Bencana Banjir Jakarta 2020 : Analisis Peta Percakapan #JakartaBanjir. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 60.

Imamah, Fardan Mahmudatul. 2020. Social Network Analysis Terhadap Komunikasi Politik Perempuan di Twitter. Jurnal Dakwah dan Komunikasi.

Siregar, N. I., Sadon, D., & Wibowo, C. T. 2020. Analisis Jaringan Komunikasi Kelompok Tani Dalam Penerapan Budi Daya Padi Metode System of Rice Intensification (Sri). Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 21(1), 1.

Tomasoa, L., Iriani, A., & Sembiring, I. 2019. Ekstraksi Knowledge tentang Penyebaran #Ratnamiliksiapa pada Jejaring Sosial (Twitter) menggunakan Social Network Analysis (SNA). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 677

Sumber Internet :

https://databoks.katadata.co.id (diakses tanggal 1 Mei 2022)

https://datareportal.com ( diakses tanggal 1 April 2022)

https://twitter.com (diakses tanggal 24 April 2022)

Published

2023-01-12

How to Cite

Rinaldo, R., Sari, A. P., & Fardiana, E. . (2023). DIGITAL OPINION #PUANADALAHHARAPAN DI MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 19–29. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.407

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.