STRATEGI KOMUNIKASI PEMASAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

(Studi Action Research pada Bisnis The Local Space)

Authors

  • Nida Auliya Iqlima Universitas Padjadjaran
  • Tine Silvana R Universitas Padjadjaran
  • Yunus Winoto Universitas Padjadjaran

Keywords:

komunikasi pemasaran, strategi, Instagram

Abstract

Salah satu hal yang paling penting dalam perencanaan bisnis adalah melaksanakan kegiatan marketing atau pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode action research. Dalam penelitian ini, peneliti berpartisipasi langsung untuk membangun strategi komunikasi pemasaran dengan pengelola The Local Space. Pendekatan atau Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model SOSTAC. Hasil dari penelitian ini meliputi berhasilnya peneliti untuk dapat melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram berdasarkan model SOSTAC dan melalui tahapan perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Peneliti berhasil menyusun perencanaan kegiatan komunikasi pemasaran, membuat akun media sosial instagram sebagai media pemasaran, dan mengelola konten-konten komunikasi pemasaran. Adapun kesimpulan dari penelitian ini meliputi, kegiatan komunikasi pemasaran berhasil dilakukan melalui media sosial instagram dengan efektif.

References

F. Ramadayanti, “Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk,” J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 111–116, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6690.

F. N. S. Damanik, “Menjadi Masyarakat Informasi,” JSM STMIK Mikroskil, vol. 13, no. 1, pp. 73–82, 2012.

Novalia, A. Syifa, A. Balqis, and A. Ramadhana, “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Pada PT. Es Teh Indonesia),” J. AKRAB JUARA, vol. 6, pp. 84–98, 2021.

J. Elita Tarihoran, M. Ika Mardiani, N. Dwi Putri, R. Sari Novareila, A. Sofia, and I. Farida Adi prawira, “Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up Di Indonesia,” Kreat. J. Ilm. Prodi Manaj. Univ. Pamulang, vol. 9, no. 1, p. 72, 2021, doi: 10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78.

W. Wulandari, “Strategi Pemasaran Layanan Perpustakaan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” Sereal Untuk, vol. 51, no. 1, p. 51, 2018.

L. Budi and H. Dheasey, “Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang,” vol. 5, pp. 888–893, 2021.

L. Moriansyah, “Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences,” J. Penelit. Komun. dan Opini Publik, vol. 19, no. 3, p. 124068, 2015.

S. Napitupulu, N. Tapiomas, and R. Tobink, Manajemen pemasaran. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco, 2010.

M. Y. S. dan M. Said, Konsep dan Strategi Pemasaran, vol. 3. 2019.

M. Yaumi and M. Damopolii, Action research : Teori, Model, dan Aplikasi, Cetakan ke., vol. 28, no. 5. Jakarta: KENCANA, 2014. doi: 10.1177/001872677602900302.

A. Ibrahim, A. H. Alang, Madi, Baharuddin, M. A. Ahmad, and Darmawati, Metodologi Penelitian. Makassa: Gunadarma Ilmu, 2018.

R. Alghozy, “Strategi social media marketing pada usaha kuliner Krr’s Otentik malang,” J. Ilm. Mhs. FEB, no. 2, pp. 1–17, 2020, [Online]. Available: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6506/5678

Published

2023-01-12

How to Cite

Iqlima, N. A., R, T. S. ., & Winoto, Y. . (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: (Studi Action Research pada Bisnis The Local Space). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 90–99. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JUKIM/article/view/446

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.