KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET GOPAY BERDASARKAN PENGARUH KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.481Keywords:
Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Keputusan PenggunaanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keamanan, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap keputusan pengguna untuk menggunakan layanan uang elektronik. Data primer didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Datadianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji r2 dengan alat bantu SPSS25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-wallet Gopay sedangkan variabel persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-wallet Gopay
References
Hana Komala (2021). “Pengaruh Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Gopay (Studi Pada Pengguna Gopay Jakarta)”.Penulisan Ilmiah.Universitas Gunadarma.
Irmadhani. (2012). “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Ebanking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi Tidak diterbitkan. UNY.
Jebran, K. &Dipanker, A. (2012). Consumer’s Perception on General Banking Activities of Commercial Banks: A Study in the Banking Context of Bangladesh. European Journal of Business and Management, 4(7).
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi. Yogjakarta
Nurjanah, Anis (2020). Persepsi Penggunaan OVO Terhadap Minat dan Kepuasan Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jawa Barat). Jurnal Prisma (Vol. 01, No. 02, Tahun 2020). Hlm. 122-131.
Park, E. J., Kim, E. Y., & Forney, J. C. (2006). "A structural model of fashion-oriented impulse buying behavior". Journal of Fashion Marketing and Management, 10(4), pp.433-446.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Waspada, Ika putera. 2012. “Percepatan Adopsi Sistem Transaksi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Jasa Perbankan” Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.16, No. 1 Januari 2012, hlm. 122-13.
Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit: Rajagrafindo Persada
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440-456.
Zakiyah, T., Trifiyanto, K., & Windasari, W. (2021). Fintech Based Peer to Peer (PEER TO PEER) Lending: a perspective of MSMEs in the new normal of Pandemic Covid-19 19. 5(1), 26–46.
Zavolokina, L., Dolata, M. and Schwabe, G. 2016, "FinTech–What's in a name?," Proceedings in International Conference on Information Systems, Dublin, pp. 1-19.