KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET GOPAY BERDASARKAN PENGARUH KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT

Authors

  • Kartika Sukmawati Universitas Gunadarma
  • Dionysia Kowanda Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.481

Keywords:

Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Keputusan Penggunaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keamanan, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap keputusan pengguna untuk menggunakan layanan uang elektronik. Data primer didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Datadianalisis  dengan menggunakan uji-t dan uji r2 dengan alat bantu SPSS25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keamanan tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-wallet Gopay sedangkan variabel persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap keputusan penggunaan e-wallet Gopay

References

Hana Komala (2021). “Pengaruh Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Gopay (Studi Pada Pengguna Gopay Jakarta)”.Penulisan Ilmiah.Universitas Gunadarma.

Irmadhani. (2012). “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Ebanking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta”. Skripsi Tidak diterbitkan. UNY.

Jebran, K. &Dipanker, A. (2012). Consumer’s Perception on General Banking Activities of Commercial Banks: A Study in the Banking Context of Bangladesh. European Journal of Business and Management, 4(7).

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi. Yogjakarta

Nurjanah, Anis (2020). Persepsi Penggunaan OVO Terhadap Minat dan Kepuasan Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jawa Barat). Jurnal Prisma (Vol. 01, No. 02, Tahun 2020). Hlm. 122-131.

Park, E. J., Kim, E. Y., & Forney, J. C. (2006). "A structural model of fashion-oriented impulse buying behavior". Journal of Fashion Marketing and Management, 10(4), pp.433-446.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Waspada, Ika putera. 2012. “Percepatan Adopsi Sistem Transaksi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Jasa Perbankan” Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol.16, No. 1 Januari 2012, hlm. 122-13.

Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit: Rajagrafindo Persada

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440-456.

Zakiyah, T., Trifiyanto, K., & Windasari, W. (2021). Fintech Based Peer to Peer (PEER TO PEER) Lending: a perspective of MSMEs in the new normal of Pandemic Covid-19 19. 5(1), 26–46.

Zavolokina, L., Dolata, M. and Schwabe, G. 2016, "FinTech–What's in a name?," Proceedings in International Conference on Information Systems, Dublin, pp. 1-19.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Sukmawati, K. ., & Kowanda, D. . (2022). KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET GOPAY BERDASARKAN PENGARUH KEAMANAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 66–72. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.481

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.