PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN LITERASI PERTANIAN (PUSTAKA) (Studi pada Instagram @pustaka.kementan)

Authors

  • Nabhilla Adzra Suwandi Universitas Padjadjaran
  • Rully Khairul Anwar Universitas Padjadjaran
  • Saleha Rodiah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.585

Keywords:

Instagram, Promosi, Perpustakaan

Abstract

Promosi perpustakaan merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengenalkan serta menginformasi masyarakat luas. Pemanfaatan media sosial untuk media promosi merupakan salah satu upaya yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam terkait dengan Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Di Pusat Perpustakaan Dan Literasi Pertanian (PUSTAKA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak yang peneliti tentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini merujuk pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: Reduksi data (Data Reduction), Penyajian data (Data Display) dan Menarik Kesimpulan/ Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Penggunaan media sosial Instagram sebagai media promosi di Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian (PUSTAKA) sudah berjalan cukup baik. Analisis menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) diperoleh bahwa promosi yang dilakukan PUSTAKA sudah cukup baik. Konten baik foto ataupun video, judul dan caption sudah cukup menarik dan informatif. Konten yang disajikan juga mendorong keinginan dari para pengikut untuk dapat memanfaatkan berbagai layanan, fasilitas dan juga koleksi yang dimiliki PUSTAKA. Promosi melalui konten yang disajikan ini juga mendorong keingianan mereka untuk berkunjung secara langsung ke PUSTAKA.

References

N. Ainiyah, “REMAJA MILLENIAL DAN MEDIA SOSIAL : MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENDIDIKAN BAGI REMAJA MILLENIAL,” JPII, vol. 2, no. April, pp. 221–236, 2018.

We Are Social, “DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH,” We Are Soc., 2022.

Arum Wahyuni Purbohastuti, “EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI,” Ekonomika, vol. 12, no. 2, pp. 212–231, 2017.

A. S. Cahyono, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia PENGARUH,” Publiciana, vol. 9, no. 1, pp. 140–157, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, doi: 10.34010/COMMON.V3I1.1950.

M. Utari and R. Rumyeni, “Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya,” Jom Fisip, vol. 4, no. 2, pp. 1–22, 2017.

S. Munisah, “Kegiatan Mempromosikan Koleksi Perpustakaan: Sebuah Pendekatan Teoritis,” UNILIB J. Perpust., vol. 10, no. 1, pp. 35–40, 2019, doi: 10.20885/unilib.vol10.iss1.art5.

W. Prihartanta, “Tujuan Promosi Perpustakaan,” Adabiya, vol. 3, no. 83, pp. 0–9, 2015.

Sukaesih and Y. Winoto, DASAR-DASAR PELAYANAN PERPUSTAKAAN. 2020.

Raco, Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, karakteristik dan keunggulannya. .

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta, 2013.

J. W. Cresswell, PENELITIAN KUALITATIF & DESIGN RISET : Memilihi di antara Lima Pendekatan (EDISI KE-3), I. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2015.

Kotler and Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid 1. E. Jakarta: Erlangga, 2009.

D. Theodora, “Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung,” N. J. Ilmu Inf. dan Perpust., vol. 12, no. 1, pp. 37–47, 2021, doi: 10.20473/pjil.v12i1.25152.

K. F. Pratiwi, “Analisis Elemen AIDCA di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Studi Deskriptif Analisis Elemen AIDCA pada Instagram, Twitter, dan Facebook sebagai Promosi di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY),” Repos. Univ. Airlangga, 2018.

N. Azmi, “EVALUASI STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA BERDASARKAN KONSEP ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION (AIDA),” 2022.

Published

2023-03-14

How to Cite

Suwandi, N. A., Anwar, R. K. ., & Rodiah, S. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI PUSAT PERPUSTAKAAN DAN LITERASI PERTANIAN (PUSTAKA) (Studi pada Instagram @pustaka.kementan). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(02), 37–47. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.585

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.