Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Travel Pada PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.591Keywords:
Kualitas Produk Layanan, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian produk perjalanan di PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang dari 868 orang yang menggunakan jasa di PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru dengan menggunakan random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk perjalanan di PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru, variabel promosi secara parsial positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk perjalanan di PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru, dan variabel kualitas pelayanan dan promosi secara bersamaan mempengaruhi keputusan pembelian produk perjalanan di PT. Penjuru Wisata Negeri Pekanbaru.
References
Abdurrahman Ghufran. 2014. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Penerbangan PT. Garuda Indonesia di Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.
Adinta Noorani. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Transportasi Kereta Api Argo Muria (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Ahmad Naufal Iqbal Taqiuddin. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Gojek di Surakarta (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo.
Alma, Buchari. 2018. Manajemen dan Manajemen Jasa. Bandung : Alfabeta. Angelina Rares dan Rotinsulu Jopie Jorie. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi,
Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Bengkel Gaoel Manado Town Square. Jurnal EMBA, Volume 3, Nomor 2, Hal. 592-604, Juni.
Daryanto. 2013. Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Echdar, Saban. 2017. Metodologi Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor : Ghalia Indonesia
Ela Fitriana. 2016. Pengaruh Promosi, dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen BMU (Big Mountain United) Tour and Travel di Wonosobo. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.
Febriano Clinton Polla, Lisbeth Mananeke, dan Rita N Taroreh. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan SEA. Jurnal EMBA, Volume 6, Nomor 4, September.
Hidayat, R. et al. (2022) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Cititel Sisingamangaraja Pekanbaru’, Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), pp. 131–136. Available at: https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.523.
Husni Mubarok. 2018. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng “Bresto” Di Ud. Arshaindo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 6, Nomor 4.
Imam Ghozali. 2016. Apllikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan Ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Kotler, Phillip dan Keller L. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta : Selemba Empat.
Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.
Mochamad Fatoni Aziz. 2018. Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Persepsi Konsumen, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Travel Umrah dan Haji Plus di PT. Arofah Mina Kantor Cabang Tulungagung. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Tulungagung.
Novian Yuga Pamujo. 2011. Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise (Studi Pada Kedai Digital 7 di Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Nurmansyah. 2018. Pengantar Manajemen Pemasaran : Konsep – Teori & Penelitian. Pekanbaru : Unilak Press.
Okky Wenkyca Widodo. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada 123 Design and Photography di Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo : Zifatama Publising
Hidayat, R., Piliang, A., Safrizal, S., & Sugianto, S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Cititel Sisingamangaraja Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 131-136.
Rahma Yulita, Safrizal and Susi Aritonang (2022) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel Parna Jaya Motor’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 2(2), pp. 141–148. Available at: https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.243.
Ridwan Zia Kusumah. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Risa Kartika Lubis. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Tour di PT. Dior Travel Lubuk Pakam. Jurnal Mantik Penusa, Volume 1, Nomor 1, Juli.
Saidah Inayati. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Gresik Graha Wisata Tour and Travel. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku konsumen pendekatan praktis disertai himpunan jurnal penelitian. Yogyakarta : Andi offset.
Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen : Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta : Kencana Predana Media Group
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustakabarupress.
Sunyoto, Danang. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : Refika Aditama.
Vidya Hanesty Purbarani. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Dipon
Yulita, R. and Safrizal, S. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Grand Hawaii Hotel Pekanbaru’, 2(1), pp. 115–124