PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @msglowbeautykuningan SEBAGAI MEDIA IKLAN INFORMATIF

Authors

  • Silvia Fitriani Universitas Padjadjaran
  • Tine Silvana Universitas Padjadjaran
  • Saleha Rodiah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.606

Keywords:

media sosial, Instagram, Iklan, Informatif

Abstract

Iklan Informatif megang peranan penting dalam kehidupan manusia. Umumnya orang membeli atau menggunakan produk karena tertarik dengan iklan yang diterbitkan oleh perusahaan, oleh karena itu perusahaan belomba-lomba untuk menghasilkan iklan yang menarik dan kreatif agar konsumen tertarik untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Pada penelitian ini bertujuan  untuk  meneliti  lebih  mendalam mengenai Pemanfaatan Media Sosial Akun Instagram Sebagai Iklan Informatif. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Menggunakan wawancara mendalam untuk memahami secara pribadi apa yang dibutuhkan oleh penulis mulai mengumpulkan informasi secara langsung untuk melengkapi data, mengevalusi hasil pengumpulan data. Hal ini dari hasil wawancara, peneliti diberikan data oleh informan untuk membantu menjelaskan hasil kasus yang peneliti lakukan. Hal ini peneliti menguji validasi data menggunakan triangulasi. Dengan ini uji keabsahan data pada penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan akun media sosial yaitu Instagram yang sangat bagus dalam memanfaatkan media sosial khususnya instagram sebagai media iklan namun dengan mengedukasi kepada penggunanya. Kesimpulan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan akun media sosial sebagai iklan informatif konten yang disediakan untuk mendorong keinginan dari pengguna maupun kosumen untuk memahami, dan membaca informasi terlebih dahulu

References

R. L. Virga, “Representasi Gaya Hidup Wanita Muslim,” J. Panangkaran, vol. 2, pp. 207–217, 2018.

D. R. Indika and C. Jovita, “Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen,” J. Bisnis Terap., vol. 1, no. 01, pp. 25–32, 2017, doi: 10.24123/jbt.v1i01.296.

Jum Balea, “The latest stats in web and mobile in Indonesia (INFOGRAPHIC),” 2016. https://www.techinasia.com/indonesia-web-mobile-statistics-we-are-social.

F. B. A. Larasati and H. Februariyanti, “Sistem Rekomendasi Product Emina Cosmetics Dengan Menggunakan Metode Content - Based Filtering,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, p. 45, 2021, doi: 10.36595/misi.v4i1.250.

K. Hukum et al., “Metodelogi Penelitian,” pp. 66–79, 2013.

W. Purhantara, “Metode penelitian kualitatif untuk bisnis,” p. 178, 2010.

Suparyanto dan Rosad (2015, “Metode Penelitian,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.

Sugiyono, ““Penelitian adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan antar satu variabel dengan variabel lain,” Repository.stp, pp. 26–37, 2020.

Published

2023-05-16

How to Cite

Fitriani, S., Silvana, T., & Rodiah, S. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @msglowbeautykuningan SEBAGAI MEDIA IKLAN INFORMATIF. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(03), 01–11. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.606

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.