PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KING MANGO DI AEON MALL BSD
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.718Keywords:
Harga, Kualitas Produk, keputusan pembelian dan King MangoAbstract
Tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada King Mango; 2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada King Mango dan 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada King Mango. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador, kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk erigo. Hasil pada penelitian ini adalah variabel kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango; 2) variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango dan 3) seluruh variabel independen (kualitas produk dan harga) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango.
References
Basu Swastha dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua, Cetakan Kesembilan. Yogyakarta.
Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. (Trans: Application of Multivariate Analysis using SPSS). Badan Penerbit UNDIP, ISBN 979.704.300.2. Semarang.
Kotler, P. 2012. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Keenam, Terjemahan Wilhemnus W. Bokowatum, penerbit Intermedia Jakarta.
Wilson, R. M. S., & Gilligan, C. (2005). Strategic marketing management: planning, implementation and control. Routledge.Kotler, P. dan C. Keller. 2008. Manajemen Pemasaran (Edisi Ketiga Belas). PT. Indeks. Jakarta.
Swastha, B., & Handoko, T. H. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Rachmad, Y. E., Sudiarti, S., Fajariana, D. E., Kisworo, Y., Suryawan, R. F., Tanadi, H., ... & Kutoyo, M. S. (2022). Manajemen Pemasaran.
Kotler, Philip And Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Jakarta: Salemba Empat.
Priyatno. 2012. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Mediakom. Jakarta.
Sangadji dan Sopiah. 2010. Metodologi Pendidikan. Andi. Jogjakarta.
Sejati Aria, B.S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Manajemen Pemasaran. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Sugiyono, D. P. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Suliyanto, D. (2011). Ekonometrika terapan: teori dan aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Susanti, Tina. 2012. Skripsi: Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Waroeng Spesial Sambal cabang Tembalang, Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.