PERAN NGO DALAM MENDUKUNG SDGs PENDIDIKAN BERKUALITAS ( STUDI KASUS: PROJECT CHILD INDONESIA DI YOGYAKARTA (2018-2022)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i04.749Keywords:
Project Child Indonesia Roles, SDGs, Education, Yogyakarta riversideAbstract
NGO melakukan berbagai upaya kolaboratif dan inovatif untuk mencapai target SDGs di berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kemiskinan. Melalui perannya, NGO telah memperkuat implementasi SDGs secara lokal dan global, memastikan tidak ada yang terpinggirkan dalam perjalanan menuju masa depan yang berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kontribusi yang dilakukan oleh organisasi Project Child Indonesia dalam mendukung pelaksanaan SDGs khususnya di bidang pendidikan. Project Child Indonesia juga turut berkontribusi untuk memajukan dan memperbaiki pendidikan masyarakat kelompok rentan yang tinggal di daerah bantaran sungai Yogyakarta. Project Child Indonesia sebagai aktor non-negara turut berpartisipasi dalam menyukseskan pemenuhan target global SDGs dengan memberikan akses pendidikan berkualitas yang setara bagi semua anak. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Project Child Indonesia dalam mendukung SDGs tidak terlepas dari adanya kontribusi dari multi-stakeholder yang berkolaborasi pada saat menjalankan program. Project Child Indonesia melalui program Sekolah Sungai, Internet literacy Program, dan lainnya mampu mencapai visi SDGs yakni ‘no one left behind’ dengan memberikan sarana pendidikan inklusif dan merata di daerah bantaran sungai Yogyakarta melalui peran sebagai pelaksana, katalisator, dan mitra
References
Suharko, "NGO, Civil Society dan Demokrasi: Kritik atas Pandangan Liberal," Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 7, Nomor 2, pp. 205 - 226, 2003.
P. Kusuma, "Peringkat 6 Terbawah, Indonesia Diminta Tinggalkan Sistem Pendidikan Feodalistik," DW.com, Jakarta, 2019.
BBC.com, "Peringkat Pendidikan Indonesia di Bawah Malaysia dan Brunei, China yang Terbaik di Dunia," BBC News Indonesia, Jakarta, 2019.
Project Child Indonesia NGO, "About Project Child," [Online]. Available: https://projectchild.ngo/who-we-are/.
Project Child Indonesia NGO, "About Project Child," [Online]. Available: https://projectchild.ngo/who-we-are/.
Kementrian PPN/ Bappenas, Perpres No.59 Tahun 2017 tentang SDGs dan Tindak Lanjutnya, Bappenas, Jakarta, 2017.
Defianti Ika, "Mengintip Kegiatan Siswa Sekolah Sungai Project Child di Yogyakarta," Liputan6.com, Yogyakarta, 2018.
Ritta, "Mahasiswa Jogja ini didik anak - anak bantaran Kali Code, inspiratif," UPN "VETERAN" YOGYAKARTA KAMPUS BELANEGARA, 21 Desember 2018. [Online]. Available: https://upnyk.ac.id/berita/mahasiswa-jogja-ini-didik-anak-anak-bantaran-kali-code-inspiratif. [Accessed 2023 Juni 25].
KumparanNEWS, "Project Child dan Upaya Hadirkan Kesempatan Belajar Bagi Semua Anak," Kumparan.com, Yogyakarta, 2018.
Project Child NGO, "Online Learning Assistance," Juni 2022. [Online]. Available: https://projectchild.ngo/our-program/covid19-response/ola/.
Project Child NGO, "KISAH KAMI," [Online]. Available: https://projectchild.ngo/id/tentang-kami/kisah-kami/.
Kementrian PPN/ Bappenas, "Tingkatkan IPM, Bappenas-Kemenag-Kemendikbudristek Susun Strategi Peningkatan Akses Pendidikan," Bappenas, Jakarta, 2021.
Kompas, "Awal Mula Yogyakarta Dijuluki Kota Pelajar," KOMPAS.com, Yogyakarta, 2022.
International Organization Studies, "[REPORT] Kunjungan Instansi: Project Child," Department of International Relations - Faculty of Social and Political Science UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta, 2020.
Project Child Indonesia NGO, "About Project Child," [Online]. Available: https://projectchild.ngo/who-we-are/.
Khafid.S, "Kualitas Pendidikan di Pelosok & Perkotaan Didorong Agar Setara," Harian Jogja, Yogyakarta, 2021.
Nau. Novriest Umbu Walangara, Peran Non-Governmental OrganizationTerkait SDGs Bidang Pendidikan Dasar: Studi Kasus Save the Children dalam Pembangunan Pendidikan Dasar di NTT. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, 2017
Lewis David and Kanji Nazneen, Non-Governmental Organizations and Development, London: Routledge, 2009.
Jackson.R and Sorensen. G, Introduction to International Relations Theories and Approaches, fifth edition, New York: Oxford University Press Inc, 2013.
Baylis. J, Smith. S and Owens. P, The Globalization of World Politics: An Introduction to International Relations, Sixth Edition, New York: Oxford University Press Inc, 2014.
Dugis. V, "Teori Hubungan Internasional Perspektif-Perspektif Klasik. In V. Dugis," in Teori Hubungan Internasional Perspektif-Perspektif Klasik , Surabaya, Cakra Studi Global Strategies (CSGS), 2016, p. 107.
Dugis. V, "Teori Hubungan Internasional Perspektif-Perspektif Klasik. In V. Dugis," in Teori Hubungan Internasional Perspektif-Perspektif Klasik , Surabaya, Cakra Studi Global Strategies (CSGS), 2016, p. 107.
Creswell. J, Qualitative inquiry & research design choosing among five approaches (2nd ed.), California: Sage Publications, 2007.
[ ]iNews Yogya, "5 Nama Sungai yang Ada di Yogyakarta, Nomor 4 Membelah Kota Jogja Jadi 2 Bagian Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul " 5 Nama Sungai yang Ada di Yogyakarta, Nomor 4 Membelah Kota Jogja Jadi 2 Bagian ", Klik untuk baca: https://yogya.in," iNewsYogya.id, Yogyakarta, 2022.
Salim, Agus; Irriani, Siti Nursanti; Hapsari, Yunita Rahmi, "Implementasi Pendekatan Symbio-City pada Pembangunan Inklusif: Studi Kasus Slums Upgrading di Kota Yogyakarta," Bappenas Working Papers Volume V Nomor 2, pp. 241 - 269, 2022.
Project Child Indonesia, Organization Profile Project Child Indonesia, Yogyakarta: Project Child Indonesia.
Child Indonesia, "COVID-19 RESPONSE IMPACT IN 2021," Project Child Indonesia, Yogyakarta.
Project Child Indonesia NGO, "About Project Child," [Online]. Available: https://projectchild.ngo/who-we-are/.
“Kerja Sama XL Axiata – Sekolah Sungai di Yogyakarta Bantu Anak – anak Bantaran Kali Ikuti Pembelajaran Jarak Jauh”, XL Axiata, 28 September 2020. [Online]. Available: https://www.xlaxiata.co.id/id/kerja-sama-xl-axiata-sekolah-sungai-di-yogyakarta. [Accessed 5 Juni 2023]