PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA DI JABODETABEK

Authors

  • Muhammad Fadhlan Universitas Gunadarma
  • Ratna Susilowati Universitas Gunadarma
  • Lista Kuspriatni Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i3.1094

Keywords:

Kemudahan Penggunaan, Keamanan Bertransaksi, Keputusan Penggunaan, E-Wallet,

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan dan keamanan bertransaksi terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA di Jabodetabek secara parsial dan secara simultan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer, tahap uji yang dilakukan adalah: uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA di Jabodetabek, keamanan bertransaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA di Jabodetabek, kemudahan penggunaan dan keamanan bertransaksi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA di Jabodetabek.

References

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualani, Kemudahan Penggunaan, Dan Fitur Layanan I-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna I-Saku Di Indomaret(Studi Pada Pengguna I-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikantata Niaga (Jptn), Volume 07 No 02, Issn 2337 -6078.

Amelia Yosidora. (2022). Profil Dana, Dompet Digital Bagian Grup Emtek Dan Sinarmas. Retrieved From Katadata.Co.Id: Https://Katadata.Co.Id/Intannirmala/Ekonopedia/623835fd7de77/Profil-Dana-Dompet-Digital-Bagian-Grup-Emtek-Dan-Sinarmas

Arta, T. L., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food Dalam Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 2(2) April .

Dimas Bayu. (2022). Apjii: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta Pada 2022. Retrieved From Dataindonesia.Id: Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Apjii-Pengguna-Internet-Indonesia-Tembus-210-Juta-Pada-2022

Dinata, A. P. (2020). Membangun Kepercayaan Pelanggan Untuk Meningkatkan Niat Beli(Studi Kasus Pembelian Kosmetik Secara Online Di Yogyakarta). Urnal Manajemen, Vol 10, No 1 (2020): 45-54.

Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi Ovo. Jurnal Ecodemica, 4.

Ghozali, I. (2016 ). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hutami, L. T., & Septyarini, E. (2018). Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga Startup“Unicorn” Indonesia Berdasarkan Modifikasi Tam. Urnal Manajemen, Vol 8, No 2.

Khadijah, & E Jnarosl, V. S. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Fintech Menggunakan Tam (Technology Acceptance Model) Di Kota Batam. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol 8, No.1 .

Kotler, & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Mulyana, A., & Wijaya, H. (2018). Perancangan E-Payment System Pada E-Wallet .

Naomi Adisty. (2022). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone Di Indonesia. Retrieved From Goodstats.Id: Https://Goodstats.Id/Article/Mengulik-Perkembangan-Penggunaan-Smartphone-Di-Indonesia-St2la#:~:Text=Sementara%2c%20awal%20tahun%202022%20ini,Yang%20sama%20di%20tahun%20sebelumnya.

Nawawi, H. H. (2020). Penggunaan E-WalletDi Kalangan Mahasiswa. Jurnal Emik, Volume 3 Nomor 2, Desember 2020, 190.

Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.

Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/Pbi/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. (2016). Retrieved From Bank Indonesia: Https://Www.Bi.Go.Id/Id/Publikasi/Peraturan/Pages/Pbi_184016.Aspx

Pratama, I. P. (2017). E-Commerce E-Business Dan Mobile Commerce . Bandung : Informatika Bandung.

Prisma Ardianto. (2022). Jumlah Pengguna Dompet Digital Dana Capai 110 Juta. Retrieved From Beritasatu.Com: Https://Www.Beritasatu.Com/Ekonomi/944305/Jumlah-Pengguna-Dompet-Digital-Dana-Capai-110-Juta

Purdianawati, A., & Rafidah. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerceshopee. Jurnal Cakrawala Ilmiahvol.2, No.5.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Walle Tpada Mahasiswa Stie Bank Bpd Jateng. Econbank: Journal Of Economics And Banking Issn 2685-3698, Volume 2 No. 2 , 157-168.

Raihan Hasya. (2022). Ini 10 E-WalletYang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022. Retrieved From Goodstats.Id: Https://Goodstats.Id/Article/Ini-10-E-Wallet -Yang-Paling-Sering-Dipakai-Masyarakat-Indonesia-M4ta4

Rodiah, S., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Kepercayaanterhadap Minat Menggunakan E-WalletPada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship.

Rosyadi, M. Z. (2018). Pengaruhinfluencermarketingsebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Manajemen Dan Inovasi(Manova), Volume No. 2.

Sari, I. (2019). Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan Dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E-Money Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna E-Money Flazz Bca Di Bank Bca Syariah Semarang). Iain Salatiga.

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang SaldoE-WalletOvo. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Bisnis, Vol. 8 No 4.

Siregar, H. (2021). Pengaruh Social Influence, Web Quality Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee ( Studi Karyawan Pt. Global Nusantara Sukses Dan Pt. Damai Rukun Bersama).

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol 3 No 2, Issn 2548-9119.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Uska, M. Z., & Wirasasmita, R. H. (2018). Analisis Teknologi Smartphone Dalam Mendukung Kegiatan Akademis Di Universitas Hamzanwadi Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Pendidikan Informatika, Vol 2, No. 2, E-Issn 2549-7472.

Utami, M. C. (2019). Implementasi Analytical Hierarchy Process(Ahp)Dalam Pemilihan E-Wallet untuk Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Matrik , Vol.21no.3, 259.

Wahhab, A. (2021). Apa Itu Fintech: Definisi, Sejarah, Dan Jenis Fintech Di Indonesia. Retrieved From Landx.Id: Https://Landx.Id/Blog/Fintech-Aman-Dan-Berizin-Ojk-Di-Indonesia/

Wahyuningsih, D., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Loyalitas. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurkami), Volume 7, Nomor 3.

Widyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Terhadap. Moneter: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Volume 7 No. 1 April, P-Issn 2550-0805 E-Issn 2550-0791.

Winarto, W. W. (2020). Peran Fintech Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 3 No 1, E-Issn: 2599-3410 P-Issn: 2614-3259.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Muhammad Fadhlan, Ratna Susilowati, & Lista Kuspriatni. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA DI JABODETABEK. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(3), 61–68. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i3.1094

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.