FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN MIE GACOAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i1.1518Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Mie Gacoan yakni Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Gacoan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sumber data primer dengan instrumen kuesioner yang disebar kepada 100 responden dengan kriteria adalah pelanggan Mie Gacoan. Teknik analisis dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda. Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Mie Gacoan dan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Mie Gacoan.
References
Adi, P. T. (2013). "Analisis pengaruh persepsi harga, kualitas layanan, dan nilai pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada Minimarket Ariesmart Depok)". Semarang: Universitas Diponegoro.
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji, E.M. dan Sopiah 2013. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.
Bulan, T. P. (n.d.). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT Tiki Jalur Nurgraha Ekakurir Agen Kota Langsa".Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 5 No 2, 2010.
Caroline, O., & Kuswoyo, C. (2013). "Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Hotel Zodiak di Kota Bandung". Jurnal Manajemen Vol 12 No 2.
Darwin, S., & Kunto, Y. (2014). "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia- Surabaya". Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 2 No 1.
Eugenia Andrea Dennisa. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada klinik kecantikan Cosmedic Semarang).
Fawzi, R. (2017). "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pelanggan Otentik Kopi Jogja)". Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program Amos 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I.H. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 (9th Ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ilfathna, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Kober Mie Setan Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Kotler, P., & Keller, K. (2009). "Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ketiga Belas". Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, 11th edition, Prentice Hall; New Jersey.
Kusuma, M. V. F., Ora, A. L., Michael, A., & Ramadhan, F. F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Serta Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Warmindo Pada Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(3), 558-569.
Mahanani, E., & Kudratul Alam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan D’Besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat, 19(01), 11-22.
Mamang, E. (2010). Sopiah.(2016) Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Permono, V. R., Pasharibu, Y., Ekonomika, F., Bisnis, D., Satya, K., & Salatiga, W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pizza Hut. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 4(1), 129-135.
Putro, S., Samuel, H., & Karina, R. (2019). "Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya". Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 2 No 1, 1-9.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127-146.
Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692-708.
Sola, K. I. (2017). "Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Sakola Factory Outlet Jogja)". Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sugiyono (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Cv Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, Dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung
Suryana, P. H., & Nurhudawan, D. (2016). "Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kartu Prabayar Telkomsel (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan)". Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Vol 9 No 1 Februari 2016.
Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Ke- 7. Yogyakarta: CV. Andi.
Tjiptono, F. (2014). "Pemasaran Jasa/Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian Edisi I. Yogyakarta: CV. Andi.
Tjiptono, F. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). "Pemasaran Esensi & Aplikasi Edisi I". Yogyakarta: CV. ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offset)
Umami, R., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250-257.
Yuniarti, V. S. (2015). "Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik". Bandung: CV. Pustaka Setia.
Yusup, M. (2011). "Analisis Pengaruh Promosi, arga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang)". Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.