PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PERAN PENGGUNAAN E-COMMERCE, KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP VOLUME PENJUALAN UMKM PADA MASA PANDEMI DAN PASCA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.338Keywords:
strategi pemasaran, Covid-19, E-Commerce, Kepuasan konsumen, volume penjualanAbstract
Menawarkan barang atau jasa kepada basis pelanggan yang besar adalah salah satu rahasia untuk menjalankan bisnis yang sukses. Jika kualitas barang atau jasa tersebut memadai, niscaya perusahaan akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak uang konsumen akan belajar tentang dan dapat mengenali barang dan jasa yang disediakan dengan bantuan rencana pemasaran yang efisien. E-commerce dapat berperan dalam membantu pemilik bisnis dalam mendirikan Usaha Mikro (UMKM) untuk lebih meningkatkan pertumbuhan komersialnya. Fungsi-fungsi ini meliputi. efisiensi waktu, pengeluaran modal yang kecil, dan kemudahan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana taktik pemasaran mempengaruhi volume penjualan UMKM selama dan setelah wabah COVID-19. Selain itu, penelitian ini berupaya mengidentifikasi bagaimana operasional UMKM e-commerce dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pendapatan mereka.
References
Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 114-123.
Fauzi, R. R., & Johari, G. J. (2022). Identifikasi dan Penilaian Risiko pada Proyek Pembangunan Stasiun Garut Cibatu. Jurnal Kontruksi, 51-61.
Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E. F. (2021, September). PENGARUHRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UD.MITRA KECAMATAN AMANDRAYA. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2622-9811.
Ishak, A. (2005). PENTINGNYA KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARANNYA. Jurnal Siasat Bisnis Edisi, 1-11.
Kase, M. S. (2022). Perbedaan penjualan omzet UMKM sebelum dan selama pandemi covid 19 dikabupaten timor tengah utara. 300.
Kurniawan, K. (2021). Strategi pemasaran adalah perencanaan bisnis secara keseluruhan untuk menjangkau calon konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan.
PEREKONOMIAN, K. K. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. SIARAN PERS.
PERS, S. (2002). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN.
Rehatalanit, Y. PERAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS . 63.
Research, I. J. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi. 37.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2020, Desember). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM.Bingkai Manajemen, 37.
Sinulingga, N. A. (2015, Juni). NusantaraPENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. CITRAMANDIRI LESTARI MEDAN. Jurnal Mantik Penusa, 2088-3943.
Sumartini, L. C., & Tias, D. F. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN KEDAI KOPI KALA SENJA. Jurnal E-Bis.