ANALISIS PERILAKU PERUBAHAN PELAKU UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DENGAN PEMANFAATAN E-COMMERCE DI KOTA MEDAN

Authors

  • Yosi Annisa Universitas Terbuka
  • Achmad Fauzi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.339

Keywords:

Covid-19, E-Commerce, Usaha Kecil, Mikro, Menengah.

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are the higher one of pillars of Indonesian economy. MSMEs are the one of the place for employes in Indonesia. There are many MSMEs experienced setbacks during pandemic Covid-19, due to restrictions social activities at outdoor, so many workers also affected and ultimately had an impact on decline in the Indonesian economy. So, there are many MSMEs run their business through e-commerce. In this article, author will discuss about how does it impact the progress of  digital economy include e-commerce on developing MSMEs economic growth specially in Medan City on pandemic Covid-19. Qualitative research is the research method that chose by author by descriptive analytic method. There are 8 MSMEs as informan in Medan City during Pandemic Covid-19. The result is 100% informan admits that is easier to make sales and 100% informan admits that is easier to use e-commerce and they can reach more area to sales. E-commerce has a positive effect to MSMEs in Medan City during Pandemic Covid-19

 

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar sektor ekonomi Indonesia yang paling tinggi. UMKM juga merupakan salah satu wadah pencipta lapangan kerja di Indonesia. Banyak UMKM yang mengalami kemunduran saat Pandemi Covid-19 karena adanya pembatasan kegiatan sosial diluar ruangan, sehingga banyak pekerja yang terdampak juga dan akhirnya berdampak juga ke penurunan perekonomian Indonesia. Untuk itu banyak pelaku UMKM menjalankan bisnisnya melalui e-commerce. Untuk itu dalam artikel ini akan membahas bagaimana dampak perkembangan ekonomi digital termasuk e-commerce dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi UMKM khususnya di Kota Medan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang dipilih oleh penulis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dari 8 orang informan yang tetap menjalankan kegiatan UMKM di Kota Medan selama masa pandemic Covid-19. Hasilnya menunjukkan bahwa 100% informan mengakui bahwa lebih mudah melakukan penjualan dan 100% informan mengakui pemasaran melalui e-commerce juga lebih mudah dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. E-commerce memberikan banyak dampak positif bagi UMKM pada masa pandemi di kota Medan

 

References

Abdul Halim Barkatullah., & Teguh Prasetyo. (2005) Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan Dan Hukum Di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Umkm Serta Strategi E-Marketing Umkm Di Indonesia

Appsflyer. (2021). The State Of E-Commerce App Marketing. Https://Www.Appsflyer.Com/Infograms/State-Of- Ecommerce-2021/.

Arsyad Sanusi (2011). Hukum E-Commerce, Jakarta: Sasrawarna Printing.

Badan Pusat Statistik (2022). Pertumbuhan Kota Medan Tahun 2021 (Sumatera Utara: Bps) Ball, Donald A & Mcculloch, Wendell H (2001). International Business. 7th Ed. Mcgraw Hill

Hadi, D. F., Zakiah, K., & Bandung, I. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi.

Competitive, 16(1). Http://Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id/Index.Php/Competitive|32

Hamidah, Q. R., Tri, A., Sejati, P., & Mujahidah, A. Z. (2019). The Development Of Small And Medium Businesses (Msmes) Based On Tecnology To Deal With The Industrial Revolution 4.0 (Vol. 2, Issue 1). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes

Hanim, L., & Soponyono, E. (2021). Pengembangan Umkm Digital. Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di Indonesia

Huang C, Wang Y, Li X, Ren L, Zhao J, Hu Y, Et Al. Clinical Features Of Patients Infected With 2019 Novel Coronavirus In Wuhan, China. Lancet. 2020;395(10223):497-506.

Kotler, P., & Armstrong G. (2012). Manajemen Pemasaran (12th). Jakarta: Erlangga

Laudon., Kenneth C., & Traver, C. G. (2012). E-Commerce 2012: Business, Technology, Society, 8th Ed. Harlow: Pearson

Nuraharto, K. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Madiun Provinsi Jawa Timur.

Rijal Fadli,M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. 21(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.21831/Hum.V21i1

Riedel S, Morse S, Mietzner T, Miller S. Jawetz, Melnick, & Adelberg’s. (2019). Medical Microbiology.

28th Ed. New York: Mcgraw- Hill Education/Medical; P.617-22.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Rep (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. Https://Doi.Org/10.31002/Rep.V4i2.1952

Silfia, B., & Utami, A. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor Umkm Di Indonesia (Vol. 03, Issue 1).

Simon Kemp. (2022). Digital 2022 Indonesia. We Are Social And Kepios.

Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2022-Indonesia

Solang, F. S., Kaawoan, J. E., & Sumampow, I. (2019). Str Ategi Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Masyarakat Di Kabupaten Minahasa Selatan, 3(3)

Suchiatiningsih Dian Wisika Prajanti, E. S. (2021). Umkm Jejak, Aksi & Solusi Saat Pandemi (1st Ed). Semarang: Fastindo.

Susana & Suprapti. (2005). Ekonomi Dan Bisnis. Opini. Vol. Vii No. 2

Suyadi, B.-R., Syahdanur, ;, & Suryani, S. (2018). Analisis Pengembangassn Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Ekonomi Kiat, 29(1). Https://Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Kiat

Tarigan, Z. N. A., Dewi, F. N., & Pribadi, Y. (2022). Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Masa Pandemi: Dukungan Kebijakan Pemerintah. Jurnal Bppk, 15(1), 12-23

Tulus Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: Lp3es. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Umkm, Bab Iv Pasal 1.

Walsyukurniat, O., Stkip, Z., & Selatan, N. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Https://Www.Sehatq.Com/Artikel/Bahaya-Virus-

Widagdo, P. B. (2016.). Analisis Perkembangan E-Commerce Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Di Indonesia. Universitas Gajah Mada

Wong., & Jony., (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-12-08

How to Cite

Yosi Annisa, & Achmad Fauzi. (2022). ANALISIS PERILAKU PERUBAHAN PELAKU UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DENGAN PEMANFAATAN E-COMMERCE DI KOTA MEDAN. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 31–35. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.339

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.